Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Disperindag Optimis Dana Rp 13 Miliar Yang Dikelola Akan Capai Target Akhir Tahun

Sekretaris Disperindag Mimika, Innosensius Yoga Pribadi/Foto:Dok Tabukanews. com

TIMIKA, Tabukanews. com– Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika sangat optimis dengan dana Rp 13.941.995.000 yang dikelola melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika akan mencapai target atau akan terealisasi 100 persen di akhir tahun ini.

Kepala Disperindag Kabupaten Mimika melalui Sekretaris Disperindag Mimika, Inosensius Yoga Pribadi mengatakan bahwa terhitung hingga bulan Agustus lalu, serapan APBD 2019 Disperindag capai 31,95 persen dengan total anggaran sebesar Rp 4.454.879.42.

“Tapi ini capaian di bulan Agustus saja dan belum terhitung hingga tanggal 30 september nanti. sementara pencapaian anggaran di sitem monev di Bappeda sudah mencapai 50 persen semua. Makanya kami optimis bisa mencapai 100 persen sebelum akhir tahun,” katanya di Kantor Disperindag, Kamis (26/9), ruang kerjanya.

Yoga mengakui, anggaran ini untuk membiayai sembilam kegiatan yang didominan dengan kegiatan swakelola. Dimana, untuk kegiatan swakelola hanya Rp 150 juta hingga Rp 250 juta, tetapi penyerapannya telah banyak dan kegiatan fisiknyapun rata-rata telah selesai.

“Swakelola itu merupakan kegiatan non fisik seperti kunjungan ke smelter, pengawasan stok ketersediaan barang masuk dan keluar,” akunya.

Sedangkan realisasi kegiatan fisik menurutnya baru mencapai 44,26 persen. Jadi kurangnya hanya 50 persen lebih. Pembangunan fisik itu untuk pembenahan pasar buah, sayur dan bumbu di pasar sentral. Khusus untuk pembangunan di pasar sentral itu mencapai Rp 1,8 miliar.

Sedangkan DAK untuk pembangunan pasar Sp3.
Khusus di pasar sentral saat ini sementara proses pembangunan jalan. Selanjutnya pengerjaan jalan permanen di setiap gang.

“Berdasarkan gambarnya, pembangunan jalan itu bersamaan dengan drainase penyaluran air. Saya pikir seharusnya setiap gang dalam pasar itu harus dibangun permanen,” katanya. (tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika