Main Area

pesparawi xiii

Main

Disperindag Musnahkan 1,5 Ton Barang Kadaluarsa

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettop dengan didampingi oleh Kepala Disperindag,Bernadinus Songbes dan tamu undangan serta seluruh pegawai Disperindag / Tim/TabukaNews.com

 

Timika,TabukaNews.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika memusnahkan sebanyak 1,5 ton  barang kadaluarsa (expaer) berupa bahan makanan dan minuman yang berlangsung di halaman Kantor Disperindag, jalan Poros Sp5, Rabu (11/12).

Pemusanahan 1,5 ton barang kadaluarsa ini berasal dari hasil sidak yang dilakukan selama dua kali ditahun 2019, yakni menjelang lebaran dan menjelang Natal dan Tahun Baru yang berasal dari sejumlah Kios-kios, Toko-toko, dan Supermarket yang ada di Distrik Mimika Timur, Distrik Wania, Distrik Mimika Baru, Distrik Kwamki Narama, Distrik Iwaka dan Distrik Kuala Kencana.

"Barang kadaluarsa yang saat ini ada dihadapan kita ini adalah hasil kegiatan lapangan oleh tim sebanyak dua kali dalam satu tahun," kata Songbes dalam sambutanya. 

Selain beberapa Distrik yang sudah dilakukan sidak oleh tim, kata Songbes bahwa untuk Distrik-distrik yang ada di pesisir maupun pedalaman belum bisa dijangkau.

"Kami terbatas dengan sarana dan prasarana,karena mulai dari tahun 2016 ,2017 dan 2018 kami coba untuk mengurai ini tetapi pada akhirnya kami mentok di sarana dan prasarana. Sehingga kendala ini menjadi masukan kepada pemerintah daerah supaya bisa menyuport kami,"katanya.

Disampaikan Songbes, bahwa dalam melaksanakan sidak disetiap Toko-toko,Kios-kios maupun Supermarket pihaknya juga memberikan sosialisasi.

"Seperti kita masuk disalah satu Toko yaitu Toko Rehan itu kita melihat orang sementara belanja dan kita minta hentikan untuk menerima sosialisasi, melihat secara baik," ungkapnya.

Sementara ,Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettop dalam arahan memberikan apresiasi kepada Disperindag yang sudah menjalankan tugas dengan baik walaupun terkendala sarana dan prasarana.

"Saya harap kegiatan ini jangan dilaksanakan dua kali dalam satu tahun,tapi mungkin lebih ditingkatkan.Kalau untuk kendala-kendala sarana prasaran itu nanti tolong dirincikan dengan baik karena APBD sudah ditetapkan,"kata Wabup.

Wabup juga berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini kedepannya dilaksanakan secara rutin.

"Karena ini urusan wajib dan harus dilaksanakan. Kegiatan ini demi menjaga kesehatan masyarakat,"ujarnya.

Pemusnahan barang kadaluarsa dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob dengan didampingi oleh Kepala Disperindag,Bernadinus Songbes dan tamu undangan serta seluruh pegawai Disperindag. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika