Main Area

keluarga besar johannes rettob
keluarga besar tabukanews

Main

Disperindag Harus Tegas, Tindak Agen Minyak Tanah Nakal

Timika,TabukaNewsmcom -  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika diminta untuk  menertibkan dan menindak secara tegas agen minyak tanah nakal yang  sengaja menimbun Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak tanah, di Kota Timika.

"Tidak ada sanksi tegas selama ini, terhadap agen minyak tanah yang nakal. Ini memberikan ruang untuk mereka terus bermain," kata  Tokoh Pemuda Mimika, Yosep Temorubun, SH , saat dihubungi via telepon seluler, Minggu (5/12/2021).

Ditengah keluhan dan antrian panjang warga Mimika, mencari dan membeli minyak tanah, di sosial media beberapa warga Mimika memposting menjual minyak tanah dalam jumlah banyak dengan harga mahal.

Dalam postingan tersebut, minyak tanah untuk satu jerigen lima liter dijual dengan harga 60 ribu rupiah. Sementara satu botol bekas aqua besar dijual dengan harga 20 ribu rupiah.

Harga ini, sangat  berbeda jauh dengan harga biasanya.Biasanya, satu jerigen lima liter, dijual dengan harga 35 ribu rupiah, sementara untuk botol bekas aqua besar dijual dengan harga 10 ribu rupiah.

"Harus ada  investigasi. Disperindag harus membentuk tim untuk mengecek keberadaan pihak pihak yang menjual minyak tanah  melalu media sosial tersebut.Minyak tanah yang di jual dalam jumlah banyak ini yang bersangkutan  dapat dari agen minyak tanah mana,"kata Yosep.

Hal seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena masyarakat kecil sangat terdampak dengan harga minyak tanah yang dijual dengan harga mahal.

"Saya baca di media, pihak Pertamina mengatakan bahwa stok minyak tanah itu stabil. Sehingga diduga kuat, di agen penjualan ada oknum tertentu yang sengaja mencari keuntungan dalam kesempatan hari raya besar ini,"kata Yosep.

Yosep mengatakan, dirinya sudah membangun komunikasi dengan beberapa Organisasi  Kemasyarakatan Pemuda (OKP), terkait dengan kelangkaan BBM di Mimika akhir-akhir ini. Jika hal ini  tidak menjadi perhatian serius maka pihaknya bersama beberapa OKP akan turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi.

"Apabila Disperindag tidak mengambil langkah tegas maka dalam waktu satu Minggu kedepan ini akan ada  langkah demonstrasi yang dilakukan oleh beberapa OKP," kata Yosep.

"Sudah disuarakan di media media namun Disperindag tidak ada tanggapan dan terkesan masa bodoh,"kata Yosep.(Dezy)

2022 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika