Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Diskominfo Gelar Kegiatan Data Statistik Sektoral

 

Diskominfo Gelar  Kegiatan  Data Statistik Sektoral/Foto : Tim

 

Timika,TabukaNews.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika,  menggelar kegiatan seminar data statistik  sektoral.

 

Kegiatan ini diikuti oleh  perwakilan dari masing  masing OPD dilingkup Pemkab Mimika dan  instansi vertikal.

 

Seminar data statistik sektoral Kabupaten Mimika tahun 2019 ini merupakan kompilasi data  sektoral yang berasal dari OPD , instansi vertikal , BUMN dan BUMD. Data dan Informasi yang disajikan  nanti , kiranya digunakan sebagai acuan untuk pembuatan kebijakan dan perencanaan pembangunan maupun evaluasi hasil pembangun  yang telah di laksanakan.

 

Dalam sambutan  Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang dibacakan Asisten Sekda Bidang Pemerintahan  Demianus  Katiop mengatakan bahwa  masyarakat di timika semakin maju dan cerdas. Pandangan pandangan publik  senantiasa   kritis dan semakin berkembang, juga merupakan dampak langsung dari keterbukan informasi yang mendunia.

 

“Masyarakat kita  cepat cepat belajar dan mengetahui dari apa yang terjadi di daerah lain.” Ujarnya.

 

Sehingga,  hal-hal postif  tentang penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan sehingga  tidak mustahil masyarakat menuntut agar kemajuan itu dapat segera diterapkan dan diwujudakan  pula di Kabupaten yang kita cintai ini.

 

" Era otonomi yang berimpilikasi pada giatnya masing masing daerah memacu kemandirian melalui pembangunan  yang berdampak pada munculnya  kebutuhan informasi statistik atau data yang akurat  sebagai dasar perumusan kebijakan disetiap sektor pembangunan," kata Demianus.

 

Oleh karena itu penerbitan publikasi "data statistik sektoral  Kabupaten  Mimika  tahun 2019"  yang menyajikan informasi  lintas sektoral diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 

 

Dipahami  bersama bahwa kebutuhan  data statistik  mutlak diperlukan dalam penyusunan  satu rencana  kegiatan  termasuk program pembangunan di Kabupaten Mimika .

 

"Tanpa sajian data  yang akurat  pelaksanaan pembangunan tidak akan mencapai sasaran yang diharapkan  dan bahkan mengahadpi berbagai hambatan yang serius," kata Demianus.

 

Dipahami bahwa, Publikasi " data statistik sektoral Kabupaten Mimika Tahun 2019," merupakan upaya positif yang berguna sebagai dasar untuk membuat kebijakan  dan menyusun perencanaan  dan berbagai bidang  pembangunan melalui data.  Data statistik  yang tersaji secara lengkapa akan di peroleh gambaran kompehensif  mengenai sejauh mana  kemajuaan pembangunan di Kabupaten Mimika.

 

Dirinya mengaharapkan  para pemangku kepentingan dapat menggunakan data data ini  sebagai perencanaan  monitoring  serta evaluasi kebijakan,  dan bagi pihak swasta atau masyarakat umum dimanfaatkan sebagai rujukan  informasi sebagai langkah kemajuan dan penyempurnaan.

 

“ dalam arti  kualitas data dan kualitas penyajian  semakin berjalan dengan  baik serta selalu dapat tersedia  secara berkesinambungan dengan tetap melakukan konfirmasi dan koordinasi dengan  OPD  terkait sebagai sumber data.” Jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Statistika Diskominfo Kabupaten Mimika  Samuel Mote mengatakan tujuan dari seminar data  statistik sektoral adalah  sebuah upaya  menyatukan data data di lembaga pemerintahan  maupun swasta yang ada di Kabupaten Mimika, sebagai fungsi institusi statsitik dalam  satu data Indonesia.

 

Data Statistik  sektoral sebagai bahan rujukan untuk perencanaan , pembangunan , serta membawa perubahan dalam segala dimensi kehidupan  bermasyarakat, mencerdaskan    masyarakat di negeri ini terutama di tanah  Amungme dan Kamoro.

 

"Data data ini kita ambil dan di Jadikan dalam satu buku, sesuai dengan visi misi presiden  menuju indonesia satu data, " kata Samuel kepada wartawan disela sela kegiatan.

 

Nantinya melalui buku data statistik sektoral ini akan dipakai oleh OPD terkait  menjadi tolak ukur dalam perencanaan pembagunan di Kabupaten Mimika.

 

" kami dari pemerintah itu hanya dua, survei dan kompilasi. Kali ini kami lakukan hanya kopilasi kedepan  mungkin kami bisa lakukan surevei," kata Samuel. (tim)

 

 

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika