Main Area

pesparawi xiii

Main

Dishub Gelar Penyambutan KM Banawa Nusantara Dan KM Ipaya

 

Timika, HP Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas perhubungan (Dishub) menggelar penyambutan kedatangan Kapal Motor (KM) Banawa Nusantara dan KM Ipaya di pelabuhan rakyat Poumako, Kamis (12/12). 

Kegiatan yang di hadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob tersebut juga dilakukan penyerahan Long Boat bersama mesin 25 PK sebanyak 10 unit, untuk diserahkan kepada Distrik Mimika Timur Jauh 5 unit dan Distrik Mimika Tengah 5 unit. Juga diserahkan pengadaan unit Mobil Pick up 2 unit untuk diserahkan kepada Distrik Miru juga diserahkan 1 unit Truk angkutan pedesaan untuk Distrik Agimuga. 

Kepala Dinas Perhubungan Yan Slamat Purba dalam sambutannya, berpesan kepada penerima bantuan Long boat, pick up dan truk agar digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. kendaraan-kendaraan tersebut di lakukan perawatan agar bisa bertahan lama dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. 

“Gunakanlah sebaik-baiknya supaya tepat sasaran sehingga benar kita bisa melihat menikmati apa yang telah berikan Pemerintah kepada rakyat,” ujarnya. 

Sambutannya Bupati Mimika yang di bacakan oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob menuturkan bahwa, Perhubungan adalah sektor yang sangat strategis dalam perkembangan pembangunan suatu wilayah. 

Sektor perhubungan merupakan urat nadi pembangunan, karena dengan adanya pelayanan jasa moda perhubungan maka penggerak akses masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi lebih mudah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Dengan beroperasinya sarana transportasi ini, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan taraf hidup, mendukung sektor pariwisata demi terwujudnya mimika cerdas, aman, damai dan sejahtera.” Ujarnya. 

Bupati menjelaskan bahwa untuk diketahui bersama bahwa kementerian perhubungan melaksanakan kegiatan pengadaan 37 unit kapal pelayaran rakyat dan telah dihibahkan kepada 34 pemerintah kabupaten/kota di indonesia, termasuk salah 1 unit diberikan untuk kabupaten mimika, dimana telah dilakukan penandatanganan berita acara serah terima hibah kapal km. Banawa nusantara 25.

 Selanjutnya pada tahun anggaran 2019 pemerintah daerah melalui dinas perhubungan mengadakan 1 unit kapal fiber glass dan diberi nama km. Ipaya berkapasitas 22 seat dan 2 unit pick up yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) serta pengadaan longboat termasuk mesin 25 pk sebanyak 10 unit yang bersumber dari APBD Kabupaten Mimika tahun anggaran 2019. 

Mimika melalui Dinas Perhubungan telah memberikan bantuan sarana transportasi kepada masyarakat di beberapa distrik untuk sarana transportasi long boat, antara lain distrik mimika barat tengah sejumlah9 unit, distrik amar 6 unit, distrik mimika barat jauh 5 unit, distrik agimuga 8 unit, dan distrik jita 10 unit. 

Pada tahun 2019 pengadaan 10 unit long boat diberikan untuk distrik mimika timur jauh sejumlah 5 unit, dan distrik mimika tengah 5 unit, serta pengadaan 2 pick up untuk distrik mimika baru, dan 1. Unit truck angkutan pedesaan untuk distrik agimuga. Usai melakukan penyambutan dan penyerahan bantuan wakil Bupati bersama tamu undangan bersama-sama melakukan uji coba KM Banawa Nusantara dan KM Ipaya berputar di perairan sekitar pelabuhan Poumako.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika