Main Area

Main

Disdukcapil Mimika Lauching Kartu Identitas Anak

Wabup Mimika, Yohanis Bassang saat menyerahkan KIA kepada salah satu anak sebagai tanda Lauching Kartu Identitas Anak / Foto : Tim
 
Timika,TabukaNews.Com - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),  Senin (12/8/19), resmi meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA),  oleh Wakil Bupati Mimka Yohanes  Bassang di Graha Eme Neme Yauware.
Sebanyak 31 ribu blangko yang disiapkan dinas terkait untuk mencetak kartu Identitas Anak. 

"Jadi kita launching KIA ini juga kita satukan dengan karnaval dalam rangka HUT RI ke 74,"kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan,Hilar Limbong Alo sekaligus selaku Ketua Panitia KIA.

Dijelaskan bahwa kabupaten Mimika baru meluncurkan kartu identitas anak ini bertepatan dengan memont HUT kemerdekaan sementara di daerah lain sudah berjalan, dan kartu ini seperti KTP untuk orang dewasa.

"Kalau daerah lain sudah berjalan.KIA ini pada prinsipnya sama saja dengan fungsi seperti KTP atau diistilahkan KTP anak,"akuinya.
Menambahkan,  dari 31 ribu blangko yang disiapkan, dikhususkan bagi anak-anak dibawah umur satu hari sebelum tanggal 17 Agustus.
"Jadi KIA ini dibagi dua jenis,yaitu untuk usia 0-5 tahun itu tidak memakai foto,sedangkan 5 tahun keatas sampai satu hari sebelum tanggal 17 Agustus itu memakai foto,"katanya.

Untuk persyaratan,menurutnya sangat  sederhana saja, yaitu cukup orangtua datang dengan membawah kartu keluarga dan akte kelahiran berbasis NIK,karena akte kelahiran berbasis NIK datanya sudah ada dalam sistem sehingga tinggal digabungkan dengan foto.
"Foto pun harus berwarna dan disesuaikan dengan tahun kelahiran,jadi kalau tahun kelahiran genap maka latarnya berwarna biru,tapi tahun kelahiran ganjil itu warna merah,"ungkapnya.

Disampaikan juga,bahwa untuk pelaksanaan KIA sendiri akan berlangsung selama lima di hari di Graha Eme Neme Yauware. Selanjutnya bagi yang ingin membuat silakan ke kantor disdukcapil.

"Mudah-mudahan antusias masyarakat untuk mengurus KIA,"ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk blangko KIA yang sudah disiapkan masih kurang,karena data yang memiliki akte kelahiran di Disdukcapil sudah ada sebanyak 34 ribu.Sementara yang belum punya akte kelahiran itu 67 ribu.

"Jadi tugas kami tetap kejar target bagaiamana setiap anak harus punya akte kelahiran,"pungkasnya.(tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika