Dinkes Mimika Gelar Sosialisasi Riskesdas di Distrik Kuala Kencana

Dinkes Mimika Gelar Sosialisasi Riskesdas di Distrik Kuala Kencana

Timika,TabukaNews.com

Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua, melaksanakan kegiatan sosialisasi Riset Kesehatan Dasar  (Riskesdas) di Distrik Kuala Kencana Kamis (3/2).

 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, dihadiri oleh pemerintah Distrik Kuala Kencana, pemerintah kampung se Distrik Kuala Kencana, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Distrik Kuala Kencana.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra saat ditemui usai melaksanakan kegiatan sosialisasi Riskesdas mengatakan sosialisasi ini adalah untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan selama dua tahun masa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

 

"Kami mau memotret apakah selama dua tahun masa RPJMD kepala daerah dan wakil kepala daerah ini terjadi perubahan yang signifikan terhadap pembangunan kesehatan dari empat aspek, status derajat kesehatannya seperti apa, dari angka kesakitan, tumbuh kembang, kemudian angka potensi terpapar  penyakit menular dan tidak menular, kemudian bagaimana akses masyarakat pergi ke fasilitas kesehatan,"kata Reynold.

 

 

Dari gambar kesehatan dasar diatas sebut Reynold,  akan memberikan evaluasi kepada Dinas Kesehatan sehingga memberikan masukan kepada pemerintah melalui Bappeda .

 

"Ternyata ini dua tahun terakhir, di tahun ketiga ini masa tengah Renstra ini kondisinya seperti ini,ini perlu di pertahankan dan ini perlu diubah.Tentu  itu akan kami jabarkan  dalam RKPD untuk 2023-2024 akhir masa Renstra,"kata Reynold.

 

Reynold mengatakan bahwa  sebelumnya pihaknya telah melaksanakan mini Riskesdas dengan metode survei tahap pertama pada  tanggal 20 Desember 2021.

 

"Sekarang kita sudah memasuki tahap kedua di tiga  Distrik yakni Distrik Kwamki Narama, Kuala Kencana dan nanti di Distrik Tembagapura.Tahap kedua, Distrik Kwamki Narama hari ini sedang berlangsung, kami berharap hari Sabtu sudah bisa selesai. Minggu depan ada Distrik Kuala Kencana ada tiga kampung Pioka Kencana kemudian Utikini 2 dan Kelurahan Kuala Kencana kalau sesuai target tanggal 15 sudah bisa selesai," kata Reynold.

 

Kabupeten Mimika menjadi satu satunya kabupaten di Indonesia yang melaksanakan Riskesdes secara mandiri.

 

"Kami didukung penuh oleh PT Freeport Indonesia dan hasil riset  ini kami akan sampaikan muda-mudahan di bulan Maret bisa kami publikasikan hasilnya,"kata Reynold.

 

Kepala Distrik Kuala Kencana,Septinus Timang, menyampaikan terimakasih banyak kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi Riskesdas di Distrik Kuala Kencana.

 

"Terkait riset kesehatan dasar kami berharap dari masing-masing kampung mendukung. Sehingga data data dan informasi berhubungan dengan masalah kesehatan mereka bisa bagikan ke tim. Supaya ketika menyusun sebuah dokumen perencanaan berkaitan dengan kesehatan dasar  bisa mengimput hal hal yang berhubungan dengan kesehatan dasar masyarakat,"kata Septinus.(**)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata