Main Area

pesparawi xiii

Main

Dinkes Mimika Gelar Imunisasi Massal MR

Ilustrasi Imunisasi Massal MR

TIMIKA, TABUKANews Com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika menggelar imunisasi masal Miseas Rubella (MR) atau Campak Rubela, untuk anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Demikian dikatakan Kasie Imunisasi Dinkes Mimika, Usman La Alimuda kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu  Kamis (1/8/18).‎

‎Usman mengatakan, imunusasi MR merupakan program nasional.   Tujuan dari digelarnya Imunisasi MR agar Indonesia terbebas dari penyakit campak di tahun 2020 mendatang.

"Para petugas Puskesmas terutama yang di kota sudah mulai gelar imunisasi MR.  Untuk launching programnya nanti tanggal 7 Agustus mendatang," katanya.

Dikatakan, untuk mobilisasi logistik imunisasi pun sudah dilakukan di wilayah pedalaman Mimika. Logistik tersebut dijemput langsung petugas Puskesmas.

Dijelaskan, hingga saat ini, kebutuhan logistik Imunisasi MRP, terutama Disposable belum seluruhnya tiba di Mimika. Namun hal itu  bukan menjadi hambatan karena masa pelaksanakan Imunisasi Massal MRP hingga dua bulan kedepan.

Menurutnya, Kemenkes menargetkan 55.471 anak di Timika mendapatkan Imunisasi MRP. Tujuan utama program Imunisasi Masal untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Pelaksanaan imunisasi MRP, kata dia, menyasar pada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun.

Lanjutnya, untuk memastikan terbentuknya kekebalan komunitas, imunisasi paling sedikit mencapai 95 persen total jumlah sasaran. Khusus pada Agustus, imunisasi MRP menyasar anak sekolah. Untuk anak-anak di luar sekolah akan dilakukan pada September mendatang. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika