Main Area

Main

Dinkes Mimika Bangun Rumah dan Lengkapi Beberapa Fasilitas Bagi Tenaga Medis

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika Alfred Douw/ Foto: Tim/Tabukanews.com

 

Timika, Tabukanews.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika Alfred Douw mengatakan, tahun 2019, pihak Dinkes Mimika telah membangun rumah bagi petugas medis di 29 Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) serta dilengkapi dengan sarana penerangan dan alat komunikasi.

"Tahun ini kita bangun perumahan Puskesmas, setelah tahun lalu saya melihat kelemahan dan kekurangan dan itu menjadi penting bagi saya untuk melengkapi," kata Alfred Douw ketika ditemui di Hotel Serayu dijalan Yos Soedarso, Rabu (20/11).

Pemenuhan fasilitas tersebut setelah ada kunjungan dari Dinkes di beberapa ke distrik dan kampung untuk melihat kondisi tenaga medis serta fasilitas penunjang pelayanan. Dalma kunjungan tersebut kondisi tenaga medis yang berada di pesisir cukup memprihatikan, sehingga ditahun ini pihaknya merealisasikan pembangunan rumah bagi petugas medis, penerangan (genset), dan alat komunikasi (SSB).

"Yang kekurangan itu rumah tenaga, penerangan dan SSB atau komunikasi, dengan adanya itu tidak ada alasan petugas mengeluh tidak ada rumah, penerangan dan komunikasi," ungkapnya.

Ia menjelaskan, total rumah yang dibangun kurang lebih 50 unit yang di bangun di 27 Puskesmas dan 2 Pustu yang berada di wilayah pesisir dan pinggiran kota.

"Total 27 tambah 2 pustaka di pesisir itu ada 2 sampai 3 rumah yang bersumber dari APBD," jelasnya.

Sementara itu ditanya terkait distrik yang sudah mendapat fasilitas jaringan telkomsel. Kata Alfred Douw, distrik yang telah mendapat layanan telkomsel tidak akan dipasang SSB, seperti Kokonao dan Atuka.

"Kalau ada distrik yang sudah ada jaringan itu nanti kita cabut SSB dan pindahkan ke tempat lain," katanya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika