Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Dinkes Diminta Tuntaskan Penyakit Ispa di Wilayah Pesisir Pantai Mimika

Yoel Yolemal / Foto: Istimewa


TIMIKA, TABUKANews.com - Anggota DPRD Kabupaten Mimika, Yoel Yolemal meminta kepda Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika untuk menuntaskan penanganan terhadap penyakit Infeksi Saluran Nafas Akut (ISPA) yang kebanyakan diderita oleh warga pesisir pantai.

Saat ditemui wartawan dibilangan Yos Sudarso, Yoel mengatakan, bahwa pihaknya seringkali membaca koran dan mengetahui bahwa warga pesisir pantai belum bisa terbebas dari penyakit Ispa.

“Kalau bisa Dinas Pendidikan melakukan pelayanan prima un tuk menuntaskan penyakit Ispa yang selama ini diderita oleh warga pesisir pantai,” tuturnya.

Pihaknya mengapresiasi terhadap kinerja Dinas Kesehatan Mimika yang selama ini terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan disetiap kampung-kampung diseluruh pedalaman Kabupaten Mimika.

“Terlepas dari penyakit Ispa  yang diterita warga pesisir pantai, pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan Mimika juga patut diberikan apresiasi karena telah terlibat aktif dalam melayani kesehatan warga di daerah pedalaman Mimika,” ungkapnya.

Namun dikatakan pula, bahwa petugas kesehatan yang ditemui kerap mengatakan, bahwa penyakit Ispa tersebut banyak diderita oleh warga, sebagai dampak dari pola hidup yang tidak sehat.

“Berdasarkan informasi dari petugas medis, mereka menderita Ispa karena mereka sering tidur diatas pasir serta sering merokok,” katanya.

Ia juga menghimbau warga untuk bisa menjaga pola hidup yang sehat, sehingga mereka terhindar dari penyakit Ispa yang selama ini menjadi penyakit nomor satu yang diderita oleh warga pesisir pantai Mimika.

“Perlu untuk menjaga pola hidup agar terbebas dari penyakit,” imbuhnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika