Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Dinkes dan TIM Malaria Center Mimika Pastikan PON XX Bebas Malaria

Timika,TabukaNews.com - Pemda Mimika melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika bersama Malaria Center memastikan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Klaster Mimika bebas dari Malaria. Hal ini merupakan bentuk dukungan dan support Pemda Mimika bersama Malcen untuk mensukseskan PON XX.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob yang merupakan Ketua Malaria Center melakukan koordinasi bersama Tim Malaria Center dalam pengendalian vektor Malaria pada area PON XX dan sekitarnya. Pertemuan digelar di Gedung MPCC Jalan C. Heatubun, Kamis (23/9) 

Ia menyampaikan kepada seluruh Tim Malaria Center agar terus berupaya agar atlet yang datang terbebas dari Malaria. 

“Sanggupkah kita, hari ini berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan ini, orang pulang dari Mimika tidak ada kena malaria, selama pertandingan berlangsung disini tidak ada yang Malaria. Atlet datang nyaman, atlet pulang nyaman, atlet bertanding juga dengan baik” tuturnya. 

Yang menjadi permasalahan saat ini kata Johannes adalah situasi lingkungan disekitar kita yang masih kotor, parit-parit yang tersumbat, dan genangan air itu adalah salah satu penyebab Malaria sulit dibasmi karena tidak adanya perhatian akan lingkungan sekitar kita. 

Untuk diketahui Kabupaten Mimika merupakan daerah endemic tinggi kasus malaria dengan rata-rata pertahun lebih 200 kasus perseribu penduduk, sekitar 80 persen kasus malaria tersebut di temukan di 5 distrik, yaitu Mimika Baru, Wania, Kuala Kencana, Mimika Timur dan Iwaka yang rata-rata merupakan tempat dimana berlangsungnya kegiatan PON XX dilaksanakan. 

Dinas Kesehatan bersama Tim Malaria Center terus berupaya melakukan berbagai upaya untuk memastikan agar pelaksanaan PON XX Tahun 2021 ini dapat terlepas dari permasalahan kesehatan yang bersifat sporadik. 

Dengan memastikan penduduk dan pendatang terlindungi dari penularan penyakit-penyakit berbasis lingkungan khususnya penyakit malaria melalui intensifikasi pencarian penderita dan pengobatan sampai tuntas di seluruh layanan kesehatan, juga melakukan pengendalian sektor dan kampaye lingkungan bersih bebas Malaria. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika