Main Area

Main

Dinas PUPR Kucurkan Rp 6 M, Bangun Dua Bundaran di Timika

Bonifasius Saleo/Foto : Tim Tabukanews.com

Timika, TabukaNews.com  – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Mimika  dalam tahun ini akan membangun dua bundaran pembagian jalur di Kota Timika dengan mengunakan anggaran Rp 6 Milyar.  

Dua bundaran pembagian jalur yakni di Petrosea yang membagi jalur Timika, Kuala Kencana, Terminal Bandara Baru dan Irigasi. Dan bundaran lampu merah pertigaan SP2 yang membagi jalur, Timika ke Kuala Kencana dan Timika ke SP5.

Kabid Bina Marga PUPR Mimika, Bonifasius Saleo mengatakan, pembangunan bundaran Petrosea dibangun di area berdiameter 54  meter sehingga tidak dibangun tepat di pertigaan jalan yang kini ada. Sebab, jika dibangun di pertigaan jalan yang ada, maka akan menggusur banyak bangunan di sekitarnya.

“Nanti ruasnya saja yang dirubah. Bundaran itu juga tidak miring karena telah didesain sedemikian rupa dalam perencanaannya. Anggaran untuk budaran Petrosea itu sebesar Rp 3 miliar lebih dan yang di SP2 itu kurang lebih Rp 2 miliar,” katanya via telepon, Senin (7/10).

Konsep secara keseluruhan untuk pembangunan dua bundaran ini belum ditetapkan, tetapi saat ini sudah dibuatkan lingkarannya. Dalam artian untuk penataan jangka panjangnya akan disesuaikan dengan anggaran yang ada. 

 “Target penyelesaian pembangunan dua bundaran ini hingga akhir atau pertengahan bulan Desember. Namun untuk konsep seperti pagar dan taman bunga serta desain lainnya kemungkinan dilanjutkan di tahun depan,  dan kontraktor untuk dua bundaran ini beda-beda,” jelasnya.

Selain bangun bundaran Dinas PUPR juga optimis,  sebelum akhir tahun 2019 Pemkab Mimika menyelesaikan  pembangunan jalan Petrosea tembusan Irigasi sepanjang dua kilo.

Untuk anggaran sendiri diambil dari  DPA PUPR sebesar Rp 20 miliar, tapi dalam kontraknya tertera kurang lebih sebesar Rp 18 miliar. Meski anggaran yang tertera di DPA sebesar Rp 20 miliar, akan tetapi dalam proses pelelangan akan ada penawaran sehingga besar kemungkinan anggarannya masih bisa tersisa. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika