Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Resmikan Kandang Ternak Babi di Kampung Mandiri Jaya

Timika,TabukaNews.com -  Pemerintah Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania meresmikan kandang ternak babi berkapasitas 16 petak milik warga atas nama Yopi Kogoya, pada Selasa (10/08/2021).

Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Ir. Yosephine Sampelino didampingi Kepala Distrik Wania Richard Wakum dan Kepala Kampung Mandiri Jaya Elias Mirip.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Yosephine Sampelino memberikan apresiasi kepada Kepala Kampung Mandiri Jaya yang dinilai berwawasan luas dan berstrategi dalam memperhatikan kesejahteraan warga kampungnya.

Ia sendiri menyaksikan bagaimana upaya kepala kampung menjadi penghubung dengan pihak dinas agar program pemerintah bisa langsung menyentuh kebutuhan warga di kampung itu.

Apresiasi lainnya, kata Kadis Sampelino, program bantuan dari Dinas Peternakan sebelumnya, berupa kandang ayam dari tahun 2019 masih terawat dengan baik hingga sekarang. Hal ini menjadikannya optimis bahwa usaha peternakan babi itu bisa sukses dijalankan warga ke depan.

Yosephine juga mengungkapkan dinas yang dipimpinnya bersedia untuk turut membantu warga dengan pemberian bantuan bibit ternak babi yang bersumber dari Dana Otsus. Diupayakan bantuan itu akan diperbantukan dari tahun ke  tahun.

Hanya sayangnya di tahun 2021 ini belum bisa dilakukan karena pemerintah masih fokus untuk penanganan pandemi Covid-19 serta untuk persiapan PON 20 Papua dan Pesparawi 13 Tanah Papua.

Kepala Dinas Yosephine Sampelino menambahkan, ia mendorong warga Kampung Mandiri Jaya Distrik Wania itu untuk selalu rajin berusaha baik peternakan maupun pertanian dan sektor lainnya. Agar kampung itu dapat menjadi kampung percontohan bukan hanya dari kepedulian lingkungan hidup tapi juga dalam usaha perekonomian.

Ia optimis semua kegiatan yang dilakukan di Kampung Mandiri Jaya akan berjalan dengan baik, sambil dikordinasikan bersama Pemerintah Distrik maupun OPD terkait di lingkup Pemkab Mimika.

Sementara itu Kepala Kampung Mandiri Jaya Elias Mirip mengatakan, peresmian kandang ternak babi itu merupakan program peningkatan perekonomian warga di kampung itu.

Pihaknya memfasilitasi usaha ternak warga yang memang sebelumnya telah berjalan. Peternakan warga itu diberi dukungan dengan harapan agar bisa berkembang lebih baik dan bahkan bisa bersaing dengan para peternak lainnya di Mimika.

Adapun pembangunan kandang berukuran 6 kali 20 meter itu bersumber dana dari Dana Desa. Yakni mengalihkan sejumlah kegiatan yang tidak urgent sehingga bisa membantu perekonomian di masa pandemi Covid-19 ini.

Anggota DPRD Periode 2014-2019 itu menjelaskan, anggaran Dana Desa sebenarnya dialokasikan untuk penanganan Covid-19, namun karena Kampung Mandiri Jaya bukan kampung yang terdampak Covid atau dikatakan sebagai zona hijau, sehingga anggaran tersebut disisihkan untuk membangun hal yang bermanfaat bagi keperluan masyarakat. Bukan yang sekedar dipakai dan lenyap tanpa bukti fisik pembangunan.

Selain itu Mirip juga berharap kegiatan usaha perorangan itu dapat berkembang menjadi usaha kelompok, sehingga manfaatnya dapat dirasa semakin banyak warga.

Kepala Kampung Elias Mirip menambahkan, setelah menunda untuk menunggu waktu yang baik, peresmian kandang itu ditargetkan agar dapat dilakukan oleh Kepala Dinas Sampelino. Kepala Kampung berharap ke depan ada kolaborasi dan sinergi program antara pemerintah kampung dan Dinas Peternakan sehingga bisa membantu kesejahteraan warga.

Sementara itu Koordinator Pendamping Profesional Stefanus Subay mengatakan, ia berharap dinas terkait dapat membantu usaha peternakan milik warga di kampung-kampung di Distrik Wania sehingga wilayah itu bisa menjadi sentra peternakan babi. 

Ia juga meminta warga serius menjalankan usaha peternakan, sehingga ke depan bila ada lagi bantuan dari pemerintah, itu tidak menjadi sia-sia namun bisa terus berkembang dan berguna bagi perekonomian warga. Kerja sama yang baik di antara warga dengan pemerintah diharapkan dapat terjalin dengan baik agar program peningkatan kesejahteraan warga bisa berjalan baik.

Di kesempatan yang sama Kepala Distrik Wania Richard Wakum mengatakan peresmian kandang itu merupakan langkah awal yang dilakukan pemerintahan kampung guna meningkatkan minat usaha peternakan  sehingga  bisa ramai-ramai dikembangkan warga hingga pada akhirnya membuat perekonomian masyarakat meningkat.

Ia berharap, di kompleks lahan milik warga yang telah dibangun kandang ternak babi itu, bisa dibangun lagi kandang-kandang lainnya. Bisa dibangun berderetan oleh swadaya warga sehingga bisa menggeliatkan usaha peternakan itu.

Wakum berpesan baik bagi pemerintah dan warga di Kampung Mandiri Jaya agar menjalin komunikasi dan kerja sama lebih baik bukan hanya di pengembangan usaha ternak namun di berbagai aspek kemasyarakatan untuk pengembangan kampung itu semakin maju.

Ia juga meminta warga dapat merawat dengan baik, baik bangunan kandang maupun bantuan ternak supaya usaha itu berjalan dengan baik dan berhasil. 

Sementara kepada dinas terkait, Kadistrik bermohon agar dinas mengakomodir bantuan bibit ternak dan pakan ternak serta pendampingan pemeliharaan ternak khususnya pada perawatan kesehatan ternak. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika