Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Dinas Perpusda Akan Retensi Arsip Yang Dimiliki Pemkab Mimika

 Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Mimika Beny Renyaan (Foto: Ricky Lodar)

 


Timika, Tabukanews.com - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Mimika Beny Renyaan mengatakan, tahun ini pihaknya akan meretensi sejumlah arsip milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika yang sudah sampai pada jangka waktu penyimpanan dan juga nilai gunanya.

"Arsip mulai tahun ini kita lagi menata jadwal data retensi arsip," kata Beny ketika ditemui usai mengikuti upacara Hardiknas, Kamis (2/5).

Ia menjelaskan, tujuan retensi untuk melihat kembali arsip yang disimpan dalam kurun waktu tertentu, apabila dinilai tidak memiliki nilai, maka bisa dimusnahkan, bahkan harus disimpan dalam waktu yang lama karena memiliki nilai historisnya

"Jadi arsip mana yang bisa langsung dimusnahkan arsip mana yang sampai 15 tahun dan arsip mana yang selamanya harus ada," jelasnya.

Namun, sebelum meretensi arsip tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi apa yang dimaksud dengan
retensi arsip, agar tidak disalahartikan oleh orang lain apabila dimusnahkan karena tidak memiliki nilai historisnya.

"Kita juga harus persiapan untuk sosialisasi terhadap pemahaman apa saja yang dimaksud dengan arsip," ungkapnya.

Ia menambahkan, sebenarnya masih belum nampak di kabupaten ini adalah pemahaman tentang pentingnya arsip daerah terhadap prestasi kerja terhadap visi misi Bupati, karena wujud daripada arsip ini sebagai saksi sejarah yang ditorehkan tentang kinerja pemerintah. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika