Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Dinas Perikanan Perlu Sosialisasi Alur Pelelangan Ikan Bagi Masyarakat

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, S. Sos, MM/ Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, S. Sos, MM mengatakan, yang perlu dilakukan oleh Dinas saat ini bagaiman melakukan sosialisasi kepada warga atau nelayan terkait tata letak proses penagkapan ikan hingga proses pelelangan ikan, sehingga kedepan masyarakat tidak mengalami kesulitan untuk menjual hasil tangkapan mereka.

"Jadi kita sudah mau melakukan prosedur yang benar. kemarin perda kita tempat pelelangan ikan sudah disahkan dan saya sampaikan untuk Dinas Perikanan agar sosialisasikan kepada masyarakat, kemarin dermaga tambat juga untuk perahu dibawa 5 GT juga sudah kita resmikan artinya sudah bisa difungsikan," kata Wabup saat ditemui di jalan poros SP V, Selasa (12/11).

Ia menjelaskan saat ini Dinas Perikanan harus membuat alur proses pelelangan ikan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Artinya, usai mencari masyarakat membawa hasil kemudian dibawa ke tempat pelelangan selanjutnya dilelang kepada siapa yang mau beli.

Apabila proses tersebut telah berjalan, kedepan masyarakat tidak sulit lagi untuk menjual ikan. Kedepan masyarakat akan terbantu dengan adanya 3 cold stored yang dibangun oleh pemerintah dan juga investor yang akan dikelola oleh PT Perinus dan Putri Desi.

"Untuk cold stored itu, satu investor, dua APBN yang bangun dan dikelola oleh PT perinus dan dan Putri Desi, itukan sudah jalan," ungkapnya.

Hanya saja selama ini terkendala standara harga ikan. Masyarakat selama ini menjual hasil tangkapannya tidak dengan standar harga sehingga banyak hasil tangkapan yang tidak laku terjual. Kedepan, setelah ditentukan standar harga dan diberlakukan maka dirinya optimis hasil tangkapan ikan akan laku terjual.

"Saat ini ada satu hal lagi kita punya batas standar harga, nah ini yang harus dibuat oleh Disperindag," katanya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika