Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Dinas Perikanan Kabupaten Mimika Tetap Berdayakan Nelayan Lokal



TIMIKA, TABUKANews.com - Dinas Perikanan Kabupaten Mimika tetap berupaya untuk memberdayakan nelayan lokal asli Papua. Hal ini dilakukan guna meningkatkan hasil pendapatan warga Kamoro yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika Leentje Siwabessy saat ditemui wartawan di Jalan Serui Mekar, Jumat (08/02) mengatakan, bahwa sebagai bentuk kepedulian Pemda Mimika kepada para nelayan lokal, ditahun lalu, Bupati Mimika telah berkomitmern untuk memberikan bantuan alat tangkap ikan kepada kelompok-kelompok nelayan lokal yang tersebar di 8 Distrik diwilayah pesisir guna memberdayakan masyarakat dan hindari kesenjangan antara nelayan lokal dan non lokal.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada para nelayan. Nelayan lokal memang harus kita berdayakan dengan tujuan agar pendapatan warga bisa meningkat. Kita harap bantuan yang kita serahkan bisa digunakan dengan baik dan bertanggungjawab,” tuturnya.

Dijelaskan, bahwa upaya untuk berdayakan para nelayan lokal merupakan komitmen Bupati Mimika, sehingga kesenjangan pendapatan antara nelayan pendatang tidak terjadi lagi.

“Intinya kita tidak mau melihat lagi ada keluhan-keluhan dari nelayan kita karena peralatannya yang standar. Semoga dengan bantuan yang kita serahkan bisa membuat mereka menjadi lebih sejahtera,” ungkapnya.

Leentje menjelaskan, bahwa  pemberian alat tangkap ikan tersebut terdiri dari perahu fiber, mesin ketinting, jaring kakap, jaring udang, cool box serta BBM untuk menunjang aktivitas nelayan. Bantuan tersebut diberikan kepada kelompok nelayan di 8 distrik diwilayah persisir  yakni Distrik Mimika Timur, Mimika Barat, Mimika Barat Tengah, Mimika Barat Jauh, Agimuga, Amar, Distrik Atuka, serta Distrik Jita, 

 "Kami berikan bantuan 1 set alat tangkap ikan kepada kelompok nelayan di delapan distrik di wilayah pesisir Timika," imbuhnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika