Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng

Main

Dinas P3AP2KB Mimika Didorong Gandeng Peradi

Timika, TabukaNews Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Mimika diminta untuk menggandeng Persatuan Advokad Indonesia (Peradi) Mimika guna memberikan pendampingan hukum bagi para korban kekerasan seksual baik yang terjadi pada perempuan maupun anak di bawah umur.

Kepada wartawan Legislator Komisi A DPRD Mimika Haji Iwan Anwar mengimbau hal ini agar penyelesaian kasus itu tuntas di ranah hukum, sehingga menimbulkan efek jera bagi pelaku maupun mencegah hal yang sama tidak terulang di masyarakat.

Praktisi advokad Mimika itu menilai masyarakat masih menganggap tabu penyelesaian tindak asusila ini apalagi melibatkan anggota keluarga,karena dianggap aib. Oleh karenanya ia mendorong dinas teknis untuk melibatkan tenaga ahli keprofesian seperti di Peradi Mimika dalam penyelesaian kasus yang cukup kompleks itu sehingga penanganannya dilakukan dengan tepat.

Haji Iwan Anwar menambahkan, maraknya kasus pelecehan seksual dengan kekerasan yang menimpa anak di bawah umur perlu mendapat perhatian serius pemerintah melalui OPD teknis. Sinergi dengan Peradi Mimika amat berguna terutama bagi pendampingan korban anak di bawah umur yang memiliki potensi trauma di masa depan.

Sementara ditinjau dari Ilmu Kriminalogi yang ditekuninya, kata Iwan, secara psikologi pelaku penyimpangan seks kepada anak di bawah umur itu mengalami kelainan gangguan mental atau devisiasi seks, yang umumnya disebabkan masa lalu yang sulit. Butuh penanganan khusus untuk bisa disembuhkan, selain juga patut diganjar hukuman setimpal atas perbuatannya itu sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. (Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika