Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Dewan Soroti Kinerja Perkreditan Bank Papua

Timika, TabukaNews.com - Anggota DPRD Komisi C DPRD Kabupaten Mimika Julian Solossa menyoroti kinerja Bagian Perkerditan Bank Papua Cabang Timika dalam mengelola perkreditan, khususnya bagi para penguasa asli orang Papua.

Dijumpai Tabukanews.com (Jumat 19/11/2021), Solossa mengaku kecewa lantaran sejumlah nasabah termasuk dirinya mendapat potongan kredit yang besar, padahal tidak ada informasi sebelumnya terkait potongan yang nilainya melebihi 50 persen itu.

Menurut legislator asal PDI Perjuangan itu, sejumlah usaha memerlukan biaya operasional yang tidak bisa langsung diturunkan gara-gara menyesuaikan dengan nominal kredit yang turun jauh tanpa pemberitahuan. Hal ini berdampak pada potensi macetnya usaha bersangkutan, apalagi usaha milik Orang Asli Papua. Padahal kehadiran bank daerah itu di antaranya untuk membangun daerah Papua termasuk usaha milik Orang Asli Papua.

Solossa menyayangkan tindak pemotongan kredit bagi pengusaha Orang Asli Papua itu tidak sejalan dengan semangat Otonomi Khusus (Otsus) Papua, dimana harusnya ada keberpihakan bagi pengusaha tersebut.

Ia menyarankan managemen agar memperbaiki dalam hal SDM, sehingga profesionalitas pelayanan bank dapat tercipta dengan baik, dalam melayani para nasabah yang merupakan kunci kemajuan Bank Papua itu sendiri.

Julian Solossa Legislator DPRD Mimika asal PDI Perjuangan itu menambahkan, selain memberikan perkreditan Bank Papua juga harus mempunyai program pendampingan bagi para pengusaha terutama Orang Asli Papua. Dengan pendampingan itu, diharapkan dalam melaksanakan usahanya, warga mendapat nasihat finansial dan strategi pengelolaan usaha, sehingga membawa dampak keberhasilan usaha yang akan meningkatkan kesejahteraan warga, pembangunan daerah dan kebaikan bagi Bank Papua itu sendiri.

Solossa berharap Bank Papua Cabang Timika bisa segera berbenah terutama dalam melayani perkreditan sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan, melainkan nasabah justru terbantu dengan kehadiran bank milik pemerintah daerah Provinsi Papua itu. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika