Main Area

pesparawi xiii

Main

Dewan Sayangkan Pemukulan Terhadap Lurah Karena Persoalan Sampah

Yulian Solossa, anggota DPRD Mimika dari Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan/Foto : Tim

 

TIMIKA,Tabukanews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika sangat menyayangkan terjadi aksi pemukulan yang dialami oleh Lurah Inauga, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika,Papua Yance Kristian Buiney hanya karena persoalan penanganan sampah di kota Timika.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika dari Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan, Yulian Solossa mengakui aksi pemukulan warga terhadap Lurah Inauga tdk bisa terjadi kalau semua sama sama memiliki kesadaran dan tanggungjawab untuk mengatasi persoalan sampah di Timika.

Terjadinya aksi pemukulan terhadap Lurah Inauga, Yance Kristian Buiney hanya karena hanya menegur warganya yang membuang dan membongkar sampah  di siang hari di salah satu Tempat Pembuangan Sampah Sementara beberapa hari lalu semesti tidak terjadi.

“Saya sangat menyayangkan aksi pemukulan terhadap Lurah hanya karena menegur warga yang membuang sampah di siang hari. Seharusnya hal ini tidak bisa terjadi bila warga memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap persoalan sampah. Oknum Lurah punya tanggungjawab untuk memberikan sosialisasi kepada warganya dalam mendukung program pemerintah untuk Mimika menjadi bersih. Mungkin ada misskomunikasi sehingga hal tersebut terjadi,”tegas Yulian Solossa kepada wartawan di kantor DPRD Mimika, Rabu (11/12).

Belajar dari pengalaman yang dialami oleh seorang lurah Inauga, Yulian Solossa berharap kedepan semestinya sosialisasi bukan saja menjadi tanggungjawab para RT, Lurah, Kadistrik namun juga dari Dinas tehnis yang menangani sampah harus terus dilakukan secara kontinyu sehingga masyarakat secara umum bisa mengetahui.

“Tingkat kesadaran warga Mimika memang belum sepenuhnya berjalan, namun saya yakin secara perlahan kalau aturan pembuangan dan pengelolaan sampah diatur secara baik saya yakin insiden seperti yang terjadi tidak akan terulang. Sebab ada warga juga memanfaatkan sampah untuk mencari bahan makanan ternak sehingga semua warga juga diminta bisa tertib dalam mengelola sampah sehingga tujuan untuk menata soal sampah di Timika bisa berjalan secara baik,”harap Solossa yang juga Sekretaris Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Dirinya berharap agar warga juga dapat menyesuaikan dan mendukung program kebersihan sampah menjelang pelaksanaan PON ke XX di Timika.

“Saya melihat langsung di beberapa lokasi pembuangan sampah sementara banyak warga yang memang mengelola sampah untuk makanan ternak. Namun sekiranya diolah secara baik, artinya tidak menambah beban kerja atau persoalan karena sampah bisa saja berserakan di jalan maupun di pemukiman warga,”jelasnya.

Tentunya untuk bisa terciptanya Mimika sebagai salah satu kota bersih, kata Solossa perlu peran semua elemen masyarakat.

“Persoalan sampah tidak hanya tanggungjawab pemerintah, DPRD tapi semua komponen masyarakat di kabupaten Mimika harus sama sama memiliki rasa tanggungjawab untuk  mengatasi persoalan sampah,”seru Solossa. (tim)

 

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika