Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Dewan Minta Perusahaan Harus Berdayakan Masyarakat Melalui Dana CSR

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Mimika, Yohanis Kibak/ Foto : Istimewa


TIMIKA, TABUKANews.com - Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Mimika, Yohanis Kibak meminta kepada setiap perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Mimika untuk bisa memberdayakan masyarakat melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Saat ditemui Tabukanews.com di kawasan SP 2, Senin (11/2), Yohanis mengatakan, bahwa selama ini perusahaan perusahaan yang ada di Timika belum maksimal dalam menyalurkan dana CSR mereka, padahal itu sudah merupakan kewajiban bagi setiap perusahaan untuk dilakukan.

"Kita lihat perusahaan di Timika sangat banyak. Mulai dari perusahaan besar seperti PT. Freeport hingga ke perusahaan kecil. Tapi bisa kita lihat sumbangsih mereka ke masyarakat masih sangat kurang," tuturnya.

Dijelaskan, bahwa dalam rangka menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX pada tahun 2020 mendatang, maka setiap pelaku usaha wajib hukumnya untuk ikut mensukseskan kegiatan akbar tersebut.

"Apa yang mereka bisa lakukan, itu yang harus kita perlu lihat. Jangan hanya bisa datang cari uang, keruk habis harta kekayaan di sini, tapi mereka tidak bisa berikan apa-apa ke masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya, ada banyak hal yang perlu dibenahi untuk bisa menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan PON.

"Lampu jalan masih sangat kurang. Taman kota tidak ada. Sektor pariwisata sangat minim, sampah masih berserakan dimana-mana. Hal inilah yang perlu dibicarakan bersama-sama agar semuanya bisa dituntaskan sebelum pelaksanaan PON 2020," terangnya.

Dijelaskan pula, bahwa Pemerintah Daerah Mimika seharusnya memberlakukan sanksi kepada setiap perusahaan yang tidak pernah menyalurkan dana CSRnya kepada masyarakat.

"Ini adalah peraturan negara yang mewajibkan perusahaan untuk mengeluarkan dana CSR kepada warga setempat dimana perusahaan itu beroperasi. Jadi kalau tidak melakukan aturan yang ada, sudah seharusnya mereka dikenai sanksi," imbuhnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika