Main Area

Main

Dewan Minta Pengelolaan DD dan ADD Harus Sesuai Prosedur

Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus Mom/ Foto : Tim


TIMIKA, TABUKANews.com - Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus Balinol Mom meminta kepada seluruh Kepala Kampung dan aparatnya, agar benar-benar mengelola Dana Desa dan Anggaran Dana Desa (ADD) sesuai dengan prosedur dan tujuannya.

Saat ditemui wartawan dibilangan Hasanuddin, Sabtu, (23/2) Elminus menuturkan, bahwa  dibutuhkan kepala kampung yang mumpuni untuk mengelola dana yang mencapai miliaran rupiah untuk setiap kampung. Porsi DD setidaknya harus digunakan untuk empat program penting.

“Dana yang diterima oleh masing-masing kampung ada yang sampai satu miliar untuk satu tahun, makanya dana ini harus dikelola dengan baik, butuh aparat kampung yang punya SDM yang mumpuni, karena uang ini bukan untuk kepala kampung tapi untuk membangun desa. Tapi apa yang terlihat dilapangan, banyak kepala kampung yang korupsi,” tuturnya.

Dikatakan, sesuai aturan bahwa porsi ADD ini digunakan untuk program yakni untuk penyelenggarakan pemerintahan seperti membayar honor aparat kampung, kepala kampung, operator dan Bamuskam serta pembelian alat tulis kantor (Atk). ADD digunakan juga untuk pembinaan kemasyarakatan seperti pembinaan para pemuda dan pemudi serta support untuk kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

“Namun kenyataan berbanding terbalik di lapangan. Para kepala kampung belum mampu untuk mengelolah anggaran yang besar itu,” ungkapnya.

Dijelaskan lagi, bahwa sesuai dengan regulasi, porsi dana ini hampir 70 persen digunakan untuk pembangunan di kampung seperti pembangunan jembatan, tambatan perahu atau jalan kampung serta air bersih. Sedangkan untuk DD fokus pada program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Semoga penggunaan DD maupun ADD serta dana bantuan lain ditahun 2019 ini bisa tersalurkan dengan baik, sehingga masyarakat benar-benar menikmati hasil dana tersebut. Kalau tidak, KPK bisa kapan saja datang ke Timika untuk menangkap kepala-kepala kampung yang korupsi dana desa,” imbuhnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika