Main Area

Main

Dewan Minta Pemkab Gunakan Gedung Mubasir

Yoel Yolemal
Yoel Yolemal/ Foto : Istimewa


TIMIKA, TABUKANews.com - Anggota DPRD Kabupaten Mimika, Yoel Yolemal meminta kepada Pemkab Mimika untuk segera menggunakan gedung-gedung yang telah dibangun namun tak kunjung digunakan. Hal ini dilakukan agar anggaran yang dikucurkan dalam jumlah besar bisa bermanfaat.

Saat ditemui wartawan di Jalan Caritas SP2, Rabu (20/2) Yoel mengatakan, bahwa sudah seharusnya gedung-gedung yang telah dibangun, segera digunakan agar masyarakat bisa merasa puas melihatnya.

“Dalam arti kalau gedung-gedung dibangun dengan dana miliaran rupiah, tapi tidak digunakan kemudian mubasir. Pasti masyarakat akan bertanya-tanya. Itu adalah uang rakyat, jadi mereka berhak untuk bertanya,” tuturnya.

Dijelaskan, bahwa terdapat beberapa gedung megah yang telah berhasil dibangun, namun hingga kini belum juga digunakan karena bermasalah dalam pembebasan lahan, dan kendala lainnya.

“Sudah seharusnya Pemkab kalau mau bangun gedung, harus pastikan kalau tanah tersebut tidak akan bermasalah dikemudian hari. Contoh kasus pembangunan gedung perpustakaan yang menghabiskan anggaran puluhan miliar rupiah, tapi setelah gedung selesai dibangun, kemudian dirusak oleh warga, akhirnya negara mengalami kerugian besar,” ungkapnya.

Dijelaskan pula, bahwa salah satu gedung megah yang dimiliki oleh Pemkab Mimika adalah bekas gedung milik Dinas Kehutanan, namun karena terbentur pada nomenklatur, akhirnya wewenang Dinas Kehutanan ditarik ke tingkat provinsi, sehingga gedung tersebut belum juga difungsikan.

“Kalau bisa, Pemkab segera menggunakan gedung itu, karena kalau tidak digunakan, bahan-bahan gedung bisa lapuk dan rusak. Penambahan dinas baru mungkin saja bisa ditempatkan disana. Alangkah lebih baik kalau seperti itu, daripada kosong dan tidak difungsikan,’ imbuhnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika