Main Area

Main

Dewan Minta Pemkab Bangun Perumahan Layak Huni

Elminus B Mom SE / foto : dok Tabukanews.com

TIMIKA,TABUKANews.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika Elminus B Mom SE  meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk membangun perumahan sehat dan layak huni bagi warga Timika khususnya Orang Asli Papua (OAP).

“Pemerintah fokus pada program pembangunan perumahan sehat bagi masyarakat khususnya OAP,” kata Elminus B Mom saat ditemui di kantor DPRD Rabu (23/5).

Menurut Elminus,  pemerintah tidak hanya mengandalkan dana Otonomi Khusus ( Otsus) untuk pembangunan perumahan untuk masyarakat. Namun, bisa dialokasikan melalui sumber lain di APBD, maupun dana bantuan dari provinsi maupun dari pusat melalui kementerian terkait.

Elminus menuturkan,  pemerintah wajib menyiapkan perumahan warga, karena masih banyak warga tinggal dalam satu rumah kadang  3 sampai 4 kepala keluarga (KK).  Kejadian seperti ini tentu tidak sehat dan tidak baik bagi perkembangan anak-anak mereka kedepan. 

Apalagi rumah yang mereka tinggal sangat sederahan atau rumah darurat dan tidak layak huni, sehingga mereka yang tinggal dalam satu rumah kebanyakan tidak sehat semua.

“Sebagai wakil rakyat kami dorong agar pemerintah menyiapkan rumah sehat  bagi warganya. Sebab, hal ini menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah untuk memperhatikan masyarakatnya,” terang Elminus.

Untuk bangun rumah sehat,  dia mengusulkan sebaiknya pemerintah bangun rumah dengan tipe 4x5.  Tipe ini dinilai layak untuk ditempati.  Selama ini, pembangunan perumahan warga banyak yang tidak layak dengan tipe yang sangat kecil dan sesak-sesakan.

Elminus menambahkan,  Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK)  melalui Biro Ekonomi telah menyiapkan program  pembangunan rumah untuk masyarakat yang sehat dan layak huni.

“Saat ini LPMAK sudah fokus pada pembangunan perumahan bagi masyarakat. Pemerintah juga harus melihat hal ini. Yang belum LPMAK bangun pemerintah harus bangun buat masyarakat,” tutur Elminus.

Langkah yang diambil LPMAK, ajak Elminus harus diikuti pemerintah. Pemkab  harus sanggup menyediakan perumahan bagi warganya, apalagi didukung dengan dana Otonomi Khusus (Otasus() tiap tahun nilainya cukup besar. Belum lagi pemerintah melobi ke pusat dan pasti bantu untuk kebutuhan masyarakat.

Untuk merealisasikan rencana ini,  Elminus berharap,  pemerintah dan DPRD harus duduk sama-sama bahas program ini. Bila perlu pada APBD Perubahan nanti bisa dimasukan program ini dan bisa dibahas bersama dengan DPRD Mimika.

 “Kami DPRD akan dorong program ini sampai ada hasilnya. Kasrena ini untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat Mimika terlebih masyarakat asli Papua,” terang  Elminus. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika