Main Area

Main

Dewan Minta KPK Periksa Kepala Kampung Terkait Dana Desa

Yoel Yolemal/Foto: Evan Soenarie


TIMIKA, TABUKANews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk turun ke Kabupaten Mimika untuk melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kepala kampung yang diduga menggunakan anggaran dana desa tidak tepat sasaran.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Mimika, Yoel Yolemal saat ditemui Tabukanews.com, dijalan Cenderawasih, Rabu (7/11) mengatakan, bahwa sudah seharusnya KPK turun ke Timika untuk memeriksa para kepala kampung yang selama ini salah menggunakan anggaran dana desa.

"Kita bisa lihat kepala-kepala kampung kalau sudah terima dana desa, mereka itu tidak mau kembali lagi ke kampung, tapi tinggal di kota menghabiskan dana desa," tuturnya.

Menurutnya, para kepala kampung seperti itu harus diberikan ganjaran agar tidak menghabiskan anggaran yang sengaja digelontorkan Pemerintah Pusat untuk bisa mensukseskan program pemerintah disetiap pelosok desa.

"Kalau seperti ini terus, upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tiap kampung atau desa bisa terhambat," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, bahwa aparat TNI/Polri yang diperbantukan disetiap kampung untuk mengawal dana desa, untuk tidak segan-segan menangkap kepala kampung yang terbukti menyalahgunakan dana desa.

"Kalau ada yang terbukti korupsi dana desa, langsung tangkap saja. Saya tidak mau melihat kepala kampung habiskan dana desa dikota saja, padahal kampung tempat tugas mereka tidak pernah disentuh sama sekali," imbuhnya. (Evan/Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika