Main Area

Main

Dewan Minta Kapolda Tunda Mutasi Kapolres Mimika Karena Pilkada

TIMIKA, TABUKANews.com - Ketua Komisi A DPRD Mimika Saleh Alhamid mewakili DPRD Mimika meminta kepada Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH untuk menunda mutasi Kapolres Mimika hingga selesai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Mimika. Karena, butuh pendekatan kepada kepada semua pemangku kepentingan di Mimika.

Kami minta Polda Papua menunda murasi Kapolres Mimika sampai selesai Pilkada," kata Saleh Alhamid kepada Bintang Papua via telpon, Senin (15/1).

Menurutnya, mutasi dan nendapat jabatan baru merupakan hal yang biasa dan sering dilakukan di jajaran Polri, namun perlu dipertimbangkan baik-baik oleh pimpinan Polda bahwa Timika masuk dalam indeks kerawanan Pilkada nomor urut 1 dari 7 Kabupaten yang melakasanakan Pilkada. Oleh sebab itu dirinya mewakili DPRD yang membidangi hukum dan Pemerintahan meminta agar mutasi setelah usai Pilkada.

"Mutasi itu sudah merupakan suatu hal yang lumrah dijajaran Kepolisian, tapi kita lihat indeks kerawanan Pilkada ada di nomor urut 1. Kita berharap untuk pimpinan Polda, bukan berarti Kapolres ini bisa diganti tapi mutasinya ditunda dulu sampai selesai Pilkada," terang Saleh.

Saleh menjelaskan, situasi politik di Mimika yang semakin memanas tentunya butuh komunikasi dan pendekatan dari pimpinan Polres Mimika kepada pemangku kepentingan dan Tokoh-tokoh yang memiliki andil di Mimika, disamping melaksanakan tugas Kepolisian. Apabila Kapolres yang baru langsung menghadapi suhu politik, pasti yang bersangkutan harus butuh penyesuaian terhadap personelnya maupun masyarakat.

"Sementara inikan situasi politik Pilkada ini mulai panas, tentunya butuh komunikasi antara Kapolres yang baru dengan Tokoh-tokoh politik, agama, adat, yang  saat ini semua ikut terlibat dalam politik," jelasnya.

Selain itu juga berkaitan dengan anggaran pengamanan yang telah diperjuangkan oleh Kapolres saat ini dan juga DPRD Mimika, sehingga perlu pertimbangan dari Kapolda Papua dan jajarannya.

"Juga berkaitan dalam pengeluaran dana hibah untuk KPU untuk pengamanan dan segala macam itukan juga ada keterlibatan dari pimpinan Polres saat ini, yang mana memperjuangkan itu dan kita juga (DPRD) memperjuangkan itu untuk memberikan pengamanan," singgungnya. (TIM).

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika