Dewan Minta Dinas Pendidikan Benahi Masalah Transportasi Para Guru Yang Mengabdi di Pedalaman.

Dewan Minta Dinas Pendidikan Benahi Masalah Transportasi Para Guru Yang Mengabdi di Pedalaman.

Timika,TabukaNews.com

Anggota DPRD Mimika Komisi C Leonardus Kocu menyoroti pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika yang dinilai luput mempersiapkan transportasi yang aman atau safety, bagi para guru yang hendak menuju tempat tugas khususnya ke daerah pedalaman Mimika; pesisir pantai dan pegunungan.

Sorotan Leo yang juga Ketua Fraksi DPRD Mimika itu, berkaca dari kasus meninggalnya seorang guru yang hendak ke Potowayburu atas nama Kanisius Ero, yang setia melayani pendidikan di wilayah terluar Mimika itu. Dimana sejak diangkat sebagai PNS Almarhum selalu setia tinggal di Potowayburu mengajar anak-anak generasi penerus bangsa. Almarhum meninggal karena tenggelam akibat perahu terbalik di muara masuk kampung Aindua.

Leo meminta kejadian duka ini tidak terulang kembali di masa mendatang, yakni dengan pembenahan alokasi dana dan sistem transportasi yang layak dan aman, agar keselamatan para guru terjamin mengajar di daerah pedalaman Mimika.

Menurutnya, dengan berita duka ini merupakan kehilangan besar bagi sektor pendidikan Mimika, sebab jarang guru yang rela mengabdi sepenuh waktu tinggal di wilayah pedalaman meninggalkan Kota Timika. Ia menyatakan, meninggalkan almarhum Kanisius Ero seorang guru yang produktif itu, merupakan kerugian besar bagi masa depan generasi penerus Mimika, khususnya di bidang pendidikan.

Pemerintah diminta untuk tidak hanya sekedar mengucap belasungkawa, tapi harus pula melakukan pembenahan dan antisipasi sehingga kejadian duka ini tidak terulang kembali ke depan, baik bagi para guru yang ASN maupun yang swasta juga bagi pegawai umum pemerintah lainnya yang ditugaskan di wilayah pedalaman.

Leonardus Kocu Ketua Fraksi DPRDyang juga duduk di Komisi C itu menambahkan, besarnya alokasi anggaran bagi dinas pendidikan yang hingga 900 milyar di APBD tahun 2022 depan itu harus mencakup perhatian keselamatan moda transportasi guru ke daerah pedalaman.

Menurutnya bukan baru sekali ini saja berita duka tentang guru meninggal akibat tenggelam saat hendak menuju tempat tugas terjadi. Sehingga ke depan dinas pendidikan diminta untuk mengantisipasi agar kejadian duka ini tidak terulang kembali.

Tak lupa Leo mengucap dukacita yang mendalam bagi keluarga almarhum Kanisius Ero yang ditinggalkan. Meninggalnya guru yang setia di pedalaman ini merupakan kehilangan besar bagi pengembangan dunia pendidikan di Kabupaten Mimika. (Manu)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata