Main Area

Main

Demo Anarkis di Timika, Pemilik Usaha Panik,Tempat Usaha Ditutup

Kendaraan Aparat keamanan yang dirusak massa di Jalan Cendrawasih Sp 2/ Foto : Tim

Timika,TabukaNews.Com-Terlihat sepanjang jalan kota Timika sebagian besar pemilik usaha terpaksa menutup tempat usahanya.Hal ini dikarenakan pengerusakan terhadap beberapa fasilitas yang dilakukan oleh massa saat melakukan aksi demo damai di halaman Kantor DPRD Mimika yang berujung ricuh pada Rabu (21/8).

Yandri bersama istrinya yang saat itu terpaksa pulang ke rumah karena Diana Shoping Center tertutup.

"Padahal mau belanja buat keperluan anak,ternyata bukan cuman Diana Shoping saja yang tidak buka,hampir semua tempat-tempat usaha kecil lainnya juga tutup,"kata Yandri dengan singkat.

Berdasarkan pantauan wartawan selain Diana Shoping Center, tempat-tempat usaha kecil lainnya seperti kios-kios dan Toko-toko sembako maupun Toko-toko bangunan sepanjang jalan mulai dari Jalan Cenderawasih SP2,Yos Sudarso,Ahmad Yani,Hasanudin dan Budi Utomo masih tertutup.

Walaupun tempat-tempat usaha ditutup untuk sementara waktu ,namun aktifitas lainnya dan arus lali lintas berjalan seperti biasa.

Untuk diketahui, bahwa aksi demo damai yang bermula berjalan aman dan lancar tiba-tiba berujung ricuh dengan pelemparan batu oleh sekelompok massa ke arah anggota TNI/Polri yang berada di dalam halaman Gedung DPRD Mimika ketika melakukan pengamanan.

Berujung dari aksi melempari anggota dengan batu,pihak keamanan melakukan tindakan tegas dan terukur dengan memberikan tembakan gas air mata agar massa membubarkan diri.

Massa pun mulai brutal dengan melakukan pengerusakan beberapa fasilitas-fasilitas seperti kaca-kaca dan lampu DPRD Mimika kendaraan roda empat milik TNI/Polri,Damkar,dan beberapa kendaraan milik masyarakat lainnya yang diparkirkan di pinggir jalan.

Selain pengerusakan terhadap kendaraan,massa juga melakukan pengerusakan terhadap beberapa kaca rumah warga,kaca Hotel Grand Moza serta melakukan aksi bakar ban bekas dan kayu kering.

Anggota keamanan akhirnya berhasil memukul mundur massa,sehingga membuat massa kocar kacir dan melarikan diri. Hingga berita ini diturunkan kondisi Kota Timika kondusif aman dan terlihat anggota TNI/Polri terus melakukan patroli keliling kota.(tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika