Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng

Main

Demianus Magai Tewas Tertembak di Mile 50

Timika, TabukaNews.Com - Demianus Magai  seorang warga Kwamki Narama, tewas tertembak di lokasi pendulang, mile 50, Minggu (21/3).

Demianus Magai tertembak di bagian bokong kiri. Diduga pelakunya oknum aparat yang bertugas dalam operasi penindakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Berdasarkan keterangan keluarga, jenazah korban ditemukan oleh istri dan anaknya di sekitar Mile 50 di pinggiran kali tidak jauh dari camp miliknya pada Senin (22/3).

"Sekitar jam 9 malam, dia (korban-red) sebagai kepala camp di Mile 50. Camp itu ada empat orang bersama istri dan kedua anak. Malam itu karena bulan terang, korban meninggalkan keluarga untuk pergi berburu," ujar saudara korban, Eriamus Magai saat ditemui di kamar jenazah RSMM, Senin malam. 

Hingga pagi, korban belum juga kembali ke camp. Pada malam kejadian salah satu anak korban mendengar suara dentuman. 

Istri dan anak korban kemudian mencari dan menemukan jenazahnya di pinggir kali. 

"Sekali lagi, dia bukan TPN-OPM. Hanya masyarakat biasa. Tujuannya hanya mencari nafkah untuk hidup. Saat itu dia turun ke pinggir kali kalau dari kali sebelah menembak," ujar Eriamus.

Senada dengannya, Neri Magai yang juga salah satu keluarga korban meminta kepada seluruh aparat TNI-Polri membedakan sasaran mereka.

Neri menyesalkan warga sipil yang terus menjadi korban dalam operasi penindakan hukum terhadap KKB, khususnya di area pendulangan. 

"Ini termasuk pelanggaran hukum, pelanggaran HAM. Korban bukan TPNOPM. Tapi murni warga sipil. Aparat harus bisa bedakan masyarakat yang mendulang. Mereka bukan kelompok yang dikejar TNI-Polri," ujarnya. (Dezy)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika