Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Dekatkan Pelayanan Masyarakat, Disdukcapil Tempatkan Petugas di Puskesmas

 

Timika, TabukNews.com – Guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah daerah Kabupaten Mimika melakukan terobosan inovasi dengan menempatkan petugas Catatan Sipil di Rumah Sakit hingga Puskesmas yang ada di sekitar Kota Timika,  guna mendukung pelayanan yang prima kepada masyarakat salah satunya membuat Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak (KIA) hingga KTP –E. 

“jadi,  ibu setelah melahirkan keluar dari Rumah sakit atau puskesmas akan membawa tiga surat Akte kelahiran, Kartu keluarga dan Kartu Identitas Anak, begitupun yang meninggal dunia, keluar langsung bawa surat kematian,” Ujar Wakil Bupati Kabupaten Mimika Yohannes Rettob , Rabu (11/12) kemarin.  

Menurutnya selama ini yang menjadi persoalan di Kantor DInas kependudukan dan Catatan Sipil itu terjadinya penumpukan akte kelahiran, KIA dan KK, ini beberapa hal yang menjadi persoalan, dengan adanya hal ini sehingga pemkab membuat inovasi baru. 

“kita selama ini ada sistim aplikasi sehingga tidak harus kepala dinas ada di kantor baru persoalan selesai padahal bisa ditanda tangan  lewat barkot melalui handphone.” Ujar Wabup. 

Maka dari itu, pemkab melalui Dinas kependudukan dan Catatan Sipil melakukan pendampingan kepada patugas di rumah sakit atau puskesmas dengan menempatkan petugas di Rumah Sakit Umum Daerah, RSMM , RS Herlina dan Puskesmas Timika jaya dan Puskesmas Timika untuk melakukan ferivikasi terhadap pasien. 

Setelah pendampingan, petuags Dukcapil kembali, Petugas  di rumah sakit dan Puskesmas itu yang akan menginput data dan mengirim ke Dukcapil. 

 “kita masukan peralatan dan petugas akan melakukan verifikasi, Pencetakan akte kelahiran dan  kematian langsung di rumah sakit atau puskesmas, juga KTP langsung terbitkan di Puskesmas. Tidak lagi masyarakat buang biaya ke Pusat pemerintahan, “ Jelas Wabup. 

Kedepannya, tidak lagi petugas Disdukcapil yang ada di Rumah sakit dan Puskesmas namun ada satu petugas adiministrasi dari rumah sakit atau Puskesmas melakukan verifikasi memasukan data di sistim dan dikirim ke dukcapil untuk mengeluarkan surat yang dibutuhkan, termasuk klinik Swasta yang ada di Timika. 

“Bulan maret kita akan lakukan pendataan Poliklinik swasta yang melayani  persalinan, saat ini kita upayakan milik pemerintah dan rumah sakit besar dulu,” Kata Jhon sapaan wabup. 

Termasuk terobosan juga di Puskesmas Kokonau, tembagapura, Atukan dan Jila karena sebntar lagi jaringan akan di bangun di pedalaman sehingga semua yang beruurusan dengan jaringan akan difungsikan.  

“sehingga semua terintegrasi dengan Comand center sehingga kita bias ketahui berapa jumlah penduduk yang sudah punya Akte, KK , KTP Elektronik dan KIA kia itu akan diketahui, terhubung juga dengan dinsos untuk data kemiskinan, “ terang Wabup. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika