Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Dandim Tatap Muka Dengan Para Kepala Suku

Timika, Tabukanews.com - Dandim 1710/ Mimika, Letkol Inf Pio Nainggolan mengundang para kepala suku besar berbincang akrab di Makodim 1710/Mimika, Jalan Agimuga, Selasa (18/9).

Saat dirinya dipercayakan oleh Kodam XVII/Cendrawasih untuk menjabat sebagai Komandan Kodim wajib bertatap muka langsung dengan para pemegang hak adat.

"Sebagai orang baru, saya harus permisi dengan pemilik rumah, harus hormati adat di sini. Saya memang Dandim, usia jauh lebih muda, makanya para kepala suku ini orangtua bagi saya. Saya berharap dibimbing, diarahkan bahkan dimaafkan jika ada salah," kata Pio menjelaskan tujuannya.

Di dalam pertemuan itu, para kepala suku telah membangun komitmen untuk terlibat langsung dalam pemecahan persoalan kamtibmas di kota Timika termasuk mendahulukan penyelesaian di jalur adat sebelum ke jalur hukum positif.

"Peran para kepala suku penting baik dalam menjaga stabilitas maupun pembangunan," katanya.

Dalam penyampaian kepada Dandim. para kepala suku meminta menyampaikan aspirasi mereka ke Bupati Mimika. Aspirasi mereka sederhana saja, Bupati dalam periode kedua kepemimpinannya harus lebih banyak berada di Timika dan turun langsung ke masyarakat. Tidak seperti di periode pertamanya, lebih banyak di luar daerah.

Dandim mengatakan, aspirasi para kepala suku tersebut sebaiknya dilaksanakan di akhir 2018 sehingga hal itu bisa menjadi referensi Pemkab merencanakan program pembangunan priorotas di 2019.

"Mereka bahkan meminta saya menggandeng bapak bupati turun kampung sama-sama. Kalau perlu nginap di pelosok-pelosok kampung supaya bisa merasakan betul apa yang dirasa masyarakat," kata Letkol Pio.

Sabinus Bokeyau mewakili para kepala suku, mengatakan, Bupati perlu melakukan aksi nyata di kampung-kampung, salah satunya turun langsung berbicara dan mendengar keluh kesah masyarakatnya.

"Kalau TNI dan Polri sudah berbuat banyak, sudah bikin hal nyata. Sekarang tinggal Pemkab," katanya. (Rfl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika