Main Area

Main

Dandim Mimika: Jelang HUT RI Ada Pergerakan KKSB dari Ilaga ke Tembagapura

Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan/Foto : Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Komandan Kodim 1710 Mimika, Letkol Inf. Pio L Nainggolan mengakui adanya pergerakan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari Ilaga ke Tembagapura jelang peringatan HUT RI ke-74 tanggal 17 Agustus besok.

“Informasi yang saya dapat, juga teman-teman dapat bahwa ada pergerakan dari Ilaga ke Tembagapura. Namun kelompok ini tidak membawa senjata,” ujarnya saat ditemui di kantor DPRD Mimika, Jumat (16/8).

Ia menjelaskan,  kendati belum ada indikasi yang menonjol, pergerakan KKSB tersebut diduga untuk mengganggu momen peringatan HUT RI ke-74 tanggal 17 Agustus di areal tambang PT Freeport Indonesia.

“Masih di wilayah Tembagapura khususnya wilayah Mile 50 sampai Mile 66. Yang sudah bergerak ini tidak membawa senjata. Namun kita berdoa agar tidak terjadi apa-apa,” jelas Dandim.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah mengoptimalkan pasukan yang ditugas di wilayah Obvitnas terhadap rute yang akan dilalui oleh KKSB, untuk mempersempit ruang gerak mereka.

“Kita optimalkan pasukan di pos yang ada untuk mempersempit ruang gerak KKSB,” ujarnya.

Sekedar diketahui, jalur klasik peregerakan KKSB ke wilayah Tembagapura selama ini melalui dua rute yaitu Ilaga-Aroanop hingga Banti dan rute Ilaga-Jila-Tsinga hingga pegunungan Grasberg. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika