Main Area

Main

Dandim 1710/ Mimika Kunjungan Kerja Ke Kota Tua Kokonao

TIMIKA, TABUKANews.com - Selum sepekan di Mimika dan baru memulai tugas baru sebagai Dandim 1710 Mimika paska malam lepas sambut, Minggu (12/8) lalu, Letkol Inf. Pio L Nainggolan SE, M.Tr (Han) langsung melakukan lawatan orientasi kerja perdana ke kota tua, Kokonao.

 

Kepda wartawan Dandim mengatakan memilih Kokonao karena Kokonao merupakan kota tua yang sarat akan sejarah dan sebagai pusat penginjilan perdana.

 

“Sebagai orang baru di Mimika, saya harus belajar mengenal dan memahami semua hal disini. Saya ke Kokonao untuk melihat prajurit dan masyarakat saya di sana. Kokonao saya pilih karena itu merupakan kota yang penuh dengan sejarah dan berada jauh dari kota Timika di wilayah pesisir pantai,” ujarnya.

 

Dandim mengatakan saat di Kokonao, ia mengunjungi Koramil Kokonao dan melakukan peertemuan dengan kepala suku, kepala-kepala kampung dan tokoh-tokoh masyarakat.

 

“Dalam waktu dekat saya akan perbaiki sarana perkantoran dan barak prajurit disana. Sudah tidak layak digunakan dan harus diperbaiki. Ini permintaan prajurit saya di Kokonao. Tidak banyak yang mereka minta, saya akan suport ini,” katanya.

 

Saat melakukan audience dengan masyarakat Kokonao, Dandim juga mendengarkan apa saja yang selama ini keluhan, harapan dan keinginan masyarakat di kota sejarah ini.

 

“Mereka sampaikan ke saya, walau merupakan kota pertama dan menjadi sejarah berdirinya kabupaten ini, mereka belum sepenuhnya merasakan pembangunan. Pembangunan minim dan perubahan juga lambat. Mereka berharap ada perhatian lebih dari pemerintah karena selama ini mereka merasa kurang diperhatikan,” jelasnya.

 

Setelah Kokonao, kunjungan serupa juga akan ia lakukan di beberapa distrik lainnya. Dandim merasa memiliki tanggungjawab lebih untuk memahami Mimika secara keseluruhan, baik dari sisi budaya, kehidupan dan interaksi sosial, terutama teritorialnya.

 

“Ini bagian dari orientasi kerja saya. Kita akan lakukan secara bertahap sambil melihat langka kongkrit apa yang bisa kita lakukan baik kepada prajurit maupun maupun masyarakat,” ujarnya.

 

Dandim Nainggolan ditugaskan di Mimika menggantikan Dandim 1710 Mimika sebelumnya, Letkol Inf Windarto S.Sos, MM. Setelah lulus Akmil, selama 11 tahun ia bertugas di Malang. Ia kemudian dipindahkan ke Seskoad Bandung dan mengabdi selama 5 tahun di sana. 

 

Selanjutnya ia dipindahkan ke Kodam Papua selama 1,5 tahun dan akhirnya diangkat menjadi Dandim 1710 Mimika. Dandim yang semasa pendidikan ini mengabdi di tanah Papua ini, kini memiliki sepasang anak kembar bersama isterinya Proboretno Nainggolan yang berasal dari Malang. (Mjr/TB)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika