Main Area

Main

DanBrigif 20 IJK : Demo Anarkis Siap Berhadapan Dengan TNI

Wawancara Dan Brigif 20/IJK Kolonel Inf. Charles B P Sagala/ Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Komandan Brigade Infantri (Brigif) 20/IJK Kostrad Kolonel Inf. Charles B P Sagala mengancam bagi siapa saja atau kelompok yang menggelar aksi demo anarkis yang mengganggu Keamanan dan Ketertiban (kamtibmas) di wilayah kabupaten Mimika akan berhadapan langsung dengan TNI 

Hal tersebut ditegaskan oleh Kol Inf BP Sagala kepada wartawan, di Timika, Papua, Senin (30/9). Menurut dia ultimatum ini berdasarkan perintah dari Panglima Divisi 3 Kostrad.

Ia menjelaskan, saat ini sebanyak 3 Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang telah disiapkan. Dua SSK disiagakan di Brigif sedangkan 2 SSK lainnya disiagakan di Mako Yonif 754/ENK Kostrad yang berlokasi di wilayah distrik Kuala Kencana.

"Ada 3 SSK yang kita siapkan. Ada 2 SSK di 754, 1 SSK di Brigif," jelasnya.

Ia menjelaskan, pasukan yang disiagakan akan diturunkan apabila dibutuhkan oleh pihak Polres dan Kodim yang mana kedua satuan tersebut merupakan wilayah mereka. Kendati demikian, dalam beberapa minggu terakhir 1 SSK yang berada di Brigif terus melaksanakan patroli rutin.

"Intinya kami siap gerak dibawah kendali Kodim dan Polres sesuai permintaan mereka. Namun sudah satu bulan ini kita patroli sesuai dengan ploting yang disampaikan oleh Polres dan Kodim, karena mereka yang punya kewilayahan," jelasnya.

Pihaknya tetap berupaya agar tidak terjadi kerusuhan di Kabupaten Mimika sesuatu dengan perintah Panglima Divisi 3. Namun, apabila ada warga yang. melakukan kerusuhan akan berhadapan langsung dengan prajurit Brigif.

"Yang jelas kita berusaha kerusuhan tidak boleh masuk ke Timika, dengan segala upaya kita sesuai perintah Pangdiv 3. Jadi siapa yang berbuat rusuh di Timika, akan berhadapan dengan Brigif 20/IJK dan jajarannya," tegasnya.

Hal senada juga dilontarkan Dandim 1710/Mimika Letkol Inf. Pio L Nainggolan  bahwa  saat ini seluruh pasukan TNI yang berada di Mimika telah disiagakan dan siap diturunkan apabila terjadi kerusuhan.

Saat ini sebanyak 4 SSK yang telah disiapkan dari Brigif 20/IJK dah Yonif 754/ENK, belum ditambah dengan pasukan-pasukan dari kesatuan-kesatuan lainnya yang berada di wilayah Mimika.

"Seluruh pasukan kita siapkan disini (Timika), tadi sudah disiapkan minimal 4 SSK dari 754 sudah siap, belum ditambah pasukan yang lainnya, pokoknya kita siap," ungkapnya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika