Main Area

Main

Dana BOS Akhir Maret Turun ke Rekening Sekolah

Jeni O Usmany, SPd MPd/ Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com -Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang direncanakan akan cair ke rekening masing-masing sekolah untuk sekolah negeri dan ke rekening yayasan bagi sekolah yayasan dan swasta pada akhir Maret. Informasi ini diperoleh setelah Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika mendapat informasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Papua.

“Dana BOS itu saya koordinasi dengan pihak Provinsi Papua. Hasil komunikasi kami, bahwa Maret kami harapkan cepat keluar,” kata  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Jeni O Usmany, SPd MPd, Kamis (15/3).

Menurut Jeni, dalam Petunjuk Teknis (Juknis) penggunaan Dana BOS jelas termuat bahwa sekolah bisa menggunakan dana ini untuk membiayai kegiatan ujian termasuk UN baik UNBK, UNPK dan USBN. Untuk itu Disdik Mimika mengharapkan dana BOS ini bisa disalurkan ke sekolah-sekolah sebelum pelaksanaan ujian pekan depan.

UN (UNBK, UNPK, USBN)  kata Jeni  menjadi bagian dari penyelenggaraan evaluasi proses belajar mengajar dengan skala ukurannya secara nasional.

“Kita anggap bahwa ini ujian, soal digandakan pemerintah.  Dana BOS yang disalurkan ke sekolah-sekolah bisa digunakan untuk menginput data di Dapodik, termasuk sukseskan ujian nasional ini,”jelas Jeni.

Sekolah yang akan menerima dana BOS ini memang sekolah yang sudah menginput dana di Data Pokok Pendidik dan Kependidikan (Dapodik). Disdik sendiri bertugas untuk memverifikasi dari Dapodik ini apakah data yang diberikan sekolah sesuai atau tidak.

Adapun yang menginput data ini adalah pihak sekolah, dan harus ditinjau langsung oleh pihak pemerintah apakah sekolah menjalankan kegiatan belajar dan mengajar atau tidak.

Tahun ini penerima Dana BOS jelas Jeni, harus benar-benar sekolah yang sudah menjalankan kegiatan belajar mengajar. Bukan sekolah yang hanya menginput data namun tidak sesuai dengan apa yang dimasukan oleh pemerintah. “Jadi kita betul-betul evaluasi, apakah jalan atau tidak, “jelas Jeni.

Jika dana BOS sudah ada dan informasinya kapan masuk ke rekening sekolah. Berbeda dengan Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOPDA) karena belum adanya penetapan anggaran 2018 sehingga Disdik belum bisa jelaskan lebih detail.

Dengan adanya dana bantuan dari pemerintah,  tambah Jeni, Disdik berharap agar masukan-masukan dari pemerintah soal bagaimana tata cara menggunakan dana sesuai dengan juknis perlu diperhatikan sekolah.

Jeni menjelaskan, pihaknya pernah mengundang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan sosialisasi terkait penggunaan dana BOS ini. “Kita berharap penggunaan dana BOS ini sesuai dengan juknis. Nanti apa-apa yang harus dibiayai oleh dana BOS ini supaya tidak membebani siswa,”terang Jeni. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika