Dalam Sebulan, Tunggakan Pelanggan PLN Sampai Rp 4 Miliar

Dalam Sebulan, Tunggakan Pelanggan PLN Sampai Rp 4 Miliar

TIMIKA, TABUKANews.com - PLN Area Timika mencatat, tunggakan pembayaran listriknya bisa mencapai tiga hingga Rp 4 miliar dalam sebulan. Kebanyakan para penunggak adalah pelanggan umum, misalnya rumah tangga atau kos-kosan.

 

Manager PLN Area Timika, Salmon Kareth, berharap, para pelanggan mengingat PLN tidak hanya saat listrik padam tapi lupa saat tiba waktunya harus membayar tagihan.

 

"Kalau pelanggan besar rutin membayar, paling lama menunggak sebulan," kata Salmon di ruang kerjanya, Sabtu (24/2).

 

 

Tunggakan paling banyak dan paling lama diduga dari area Kwamki Narama. Rupanya persoalan konflik berlarut-larut di wilayah itu meninggalkan banyak persoalan, termasuk tunggakan pembayaran listrik. Bahkan, ungkap Salmon, pertikaian menyebabkan sebagian warga meninggalkan rumahnya. Persoalannya, saat pindah meteran listrik pun ikut dibawa. Padahal, pemasangan meteran listrik berbasis koordinat GPS.

 

"Tunggakan di sana (Kwamki Narama-Red) sekitar tiga milair. Sudah lama kami mau hentikan aliran listrik ke jalur sana , tapi di sana ada juga masyarakat yang rutin membayar," kata Salmon.

 

Desember 2017, PLN Area Timika memilki pelanggan sebanyak 52.000. Awal 2108 diperkirakan telah mencapai 54.000. PLN menargetkan mencapai 8.000 di akhir tahun ini. Peningkatan jumlah pelanggan dipastikan berdampak pada kemampuan mesin yang dimilliki PLN saat ini.

"Soal mesin itu tanggung jawab kami," ujarnya. (tim)

 

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata