Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Covid-19 Naik Pasca Libur Panjang, Warga Perlu Waspada

Timika,TabukaNews.com - Pasca libur panjang Lebaran ditambah hari raya Nasrani lainnya, angka kumulatif Covid-19 di Kabupaten Mimika naik menjadi 6.229 kasus dengan pasien aktif dalam isolasi perawatan sebanyak 173 orang, meningkat dari sebelum Lebaran di angka 140 kasus.

“Sementara kasus kematian akibat Covid-19 bertambah 3 orang menjadi 53 orang. Sebelum Lebaran di angka 50 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra kepada wartawan, Senin (24/5).

Ia menilai disiplin warga menerapkan protokoler kesehatan sudah menurun. Hal ini menjadi awasan  agar tidak terjadi lagi ledakan angka Covid di Mimika seperti sebelumnya, pasca Natal dan Tahun Baru angka Covid aktif meledak sampai 500 kasus kala itu. Dibutuhkan waktu 4 bulan untuk melandaikan kurva penularan Covid-19. Kini seluruh pihak harus mewaspadai pergerakan naik ini

Selain itu kesadaran warga menurun disebabkan juga karena menganggap sudah kebal dari Covid-19 dengan adanya Program Vaksinasi Covid-19 Nasional. 

“Padahal seharusnya jangan mengendorkan Prokes pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” ajaknya.

Reynold menjelaskan, orang divaksin bukan berarti tidak bisa terpapar Covid-19. Namun vaksin berguna untuk mengurangi gejala penyakit apabila terkena virus Corona. Apalagi kini telah muncul varian baru Covid-19, warga diimbau untuk disiplin terapkan Prokes agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang lebih berbahaya itu.

“Yang paling utama itu, vaksin berguna saat orang terpapar virus, gejalanya tidak berat, tidak sampai kritis,” jelasnya.

Sebagai tuan rumah PON Papua XX tahun 2021 dan juga Pesparawi 13 se-Tanah Papua, maka warga diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 karena Mimika akan menjadi daerah tujuan dari banyak kontingen dari seluruh nusantara se-Indonesia.

“Dalam waktu dekat akan mem-vaksin warga yang tinggal di sekitar venue-venue PON maupun fasilitas wisma atlit dan akomodasi PON lainnya. Hal ini dalam rangka melindungi warga Mimika yang tempatnya akan ramai dilintasi lalu lalang keperluan iven ini,” beber Reynold.

Kabupaten Mimika akan menjadi salah satu Cluster PON dengan menggelar 9 Cabang Olahraga yaitu Atletik, Futsal, basket, golf, billiard, judo, tenis meja, penyisihan sepakbola putra dan panjat tebing. Direncanakan pada bulan Juli depan sudah dilakukan tes pertandingan sementara untuk iven PON dimulai pada Oktober depan dan dilanjutkan dengan Pesparawi. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika