Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Covid-19 Meningkat Masyarakat Diminta untuk Menerapkan Prokes

Timika,TabukaNews.com - Kalangan DPRD Mimika prihatin peningkatan kasus Covid-19, di mana Kabupaten Mimika menjadi penyumbang terbesar penambahan kasus baru sakit itu se-Provinsi Papua. Masyarakat di Mimika diminta untuk ketat menerapkan protokol kesehatan waspada Covid-19, agar tidak terkena wabah global itu.

Demikian keprihatinan ini diungkapkan Legislator DPRD Mimika Anthon Bukaleng saat dijumpai wartawan di kediamannya, Minggu (18/7).

Dikatakan, walaupun sebagian masyarakat menolak mendapat vaksin namun ia mempersilahkan sebagian masyarakat lainnya yang ingin mendapat vaksinasi Covid-19 yang sedang digencar pemerintah itu. 

Anthon menilai suntik vaksin itu penting untuk membangun daya tahan tubuh terhadap gejala sakit Corona, sehingga ia mendorong warga untuk tidak takut divaksin.

Hanya saja, ia mengingatkan agar warga calon penerima vaksin harus terbuka dan terus terang kepada tenaga medis, terhadap segala riwayat penyakit yang diderita selama ini.

Menurutnya hal ini penting untuk menentukan lanjut atau tidaknya warga menerima vaksin. Warga dengan riwayat penyakit komorbid atau penyakit penyerta  tidak harus disuntik vaksin, tapi bila tidak ada riwayat, maka layak untuk mendapat vaksin itu.

Anthon juga meminta tenaga medis vaksinasi harus memeriksa dengan teliti riwayat penyakit calon penerima vaksin, sehingga tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang merugikan kesehatan warga.

Selain itu Anthon juga mengimbau tokoh  masyarakat dan pemerintah agar membangun pemahaman yang baik tentang vaksinasi Covid-19 di kalangan masyarakat sehingga warga tidak menjadi takut divaksin.

Namun demikian ia juga menghormati hak warga yang memang tidak mau divaksin dengan alasan kesehatan pribadinya. Dan yang lebih penting warga rajin pakai masker dan cuci tangan, serta menghindari kerumuman.

Anthon Bukaleng Legislator DPRD Mimika Komisi C asal Partai Golkar itu juga mendukung Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Kabupaten Mimika.

Menurutnya pembatasan itu bertujuan untuk menurunkan angka penularan Covid-19 yang meningkat di kabupaten ini. Namun juga pemerintah perlu memberi bantuan ekonomi agar meringankan beban masyarakat terutama rakyat kecil ekonomi lemah.

Ia mendorong pemerintah mengambil kebijakan yang berimbang antara sektor kesehatan dan sektor ekonomi, yang keduanya merupakan hal penting dalam kehidupan masyarakat.

Antoh berharap, segala kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Mimika di bawah kepemimpinan Bupati Eltinus Omaleng dapat membawa perkembangan yang baik dalam penanggulangan Covid-19 di Mimika dan di sisi lain juga dalam perkonomian yakni bagi kesehatan dan kesejahteraan warga Mimika. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika