Main Area

Main

Cinta Damai,Forkopimda,TNI/Polri, Tokoh Masyarakat,Nyatakan Lima Sikap

Suasana Acara Tatap Muka Forkopimda,TNI/Polri, Tokoh Masyarakat,Nyatakan Lima Sikap di Gedung Tongkonan di Jalan Sama Ratulangi, Timika, Papua, Senin (30/9)/Foto:Tim Tabukanews. com

Timika,TabukaNews.Com-Untuk menjaga kestabilan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Mimika yang cinta damai, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI/Polri bersama para tokoh masyarakat, tokoh agama serta elemen masyarakat menyatakan lima sikap sebagai komitmen bersama.

Lima pernyataan sikap sebagai komitmen bersama ini ditandai dengan penandatangan bersama berlangsung di Gedung Tongkonan, Senin (30/9).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kesbangpol Kabupaten Mimika dalam acara tatap muka bersama Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, TNI-Polri dan komponen masyarakat dalam rangka bersinergi menjaga Kamtibmas, mengawal pemerintah membangun Mimika. Dengan tema " Mari Kitong Saling Mengasihi Karena Kitong Bersaudara".

Lima pernyataan sikap, antara lain, memegang teguh Pancasila dan UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Bersama-sama menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI. Bersinergi dan berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas serta patuh pada hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, hidup berdampingan secara rukun dan damai, saling mengasihi dengan penuh toleransi dan persaudaraan di tengah keberagaman suku, agama, dan budaya. Serta mendukung terselenggaranya program pemerintah dalam mewujudkan pembangunan disegala bidang demi kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Mimika.

Dalam kegiatan tersebut,adapun masukan-masukan dari tokoh-tokoh masyarakat,tokoh-tokoh agama serta elemen masyarakat yang meminta pihak keamanan harus memberikan tindakan tegas kepada pihak-pihak yang memberikan berita hoax. Selain itu juga diminta untuk bersama-sama bergandeng tangan dalam menjaga kamtibmas. 

Dalam kesempatan tersebut apresiasi juga diberikan kepada TNI/Polri yang sudah memberikan jaminan keamanan bagi seluruh masyarakat di Mimika.

Menyikapi masukan-masukan dari tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama serta elemen masyarakat. Plt Sekda Mimika, Marten Paiding, mengatakan  dengan adanya kegiatan ini menjadi salah satu bentuk silaturahmi dalam rangka menjalin kebersamaan dan sinergitas dalam membangun daerah ini. 

"Kami mengajak kepada kita semua untuk mari menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing yang sudah dipercayai oleh masyarakat dan tetap menciptakan keamanan di Kabupaten Mimika,"ungkapnya.

Menyikapi beberapa kejadian yang terjadi akhir-akhir ini di beberapa daerah di Papua dan Papua Barat, Plt Sekda Mimika, sangat bersyukur Mimika hingga saat ini tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

"Terimakasih TNI-Polri yang telah menjaga ketertiban di Mimika. Sehingga menjadi aman, sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika aman, damai, dan sejahtera,"ungkapnya.

Menurut Sekda bahwa untuk mewujudkan sebuah daerah yang aman itu tidak hanya menjadi tanggungjawab TNI-Polri saja, melainkan seluruh lapisan masyarakat.

"Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya mengajak semua pihak mensikapi kondisi yang ada. Dan ini bukan pertama kali dan terakhir, tetapi akan terus dilakukan sehingga tercipta aman, damai dan adil,"ujarnya.

Ditambahkan, bahwa Mimika akan menjadi tuan rumah dibeberapa even, seperti Pesparawi XIII se Papua dan Papua Barat, Sidang Sinode Kingmi se Papua, dan PON XX tahun 2020. 

"Jadi melalui momen ini, kami berharap dukungan dari seluruh komponen masyarakat agar bisa menciptakan rasa aman,"ungkapnya.

Untuk PON XX, kata Plt Sekda bahwa ada empat kesuksesan yang ingin didapatkan,yakni penyelenggaraan, prestasi, administrasi dan budaya.

Sementara , Kapolres Mimika,AKBP Agung Marlianto SIK, M.H ,dalam arahannya mengajak kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu hoax.

"Karena penyebaran berita hoax sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan perpecahan di masyarakat,"ujarnya.

Terkait dengan permintaan masyarakat mengenai siskamling, kata Kapolres akan kembali menggalakkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). 

"Jadi yang ada di lingkungan itu nanti berkumpul bersama untuk bisa mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas,"katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres mengajak untuk bersama-sama ciptakan kebersamaan yang sudah dirajut, dan jadikan keamanan ini sebagai kebutuhan.

"Karena dalam peran bhineka tunggal ika kebersamaan itu nomor satu,"ujarnya.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika