Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Chef De Mission Meeting I, Menpora Optimpis Papua Siap selengarakan PON XX

Chef De Mission Meeting I, Menpora Optimpis Papua Siap selengarakan PON XX/Foto : Tim

Jayapura, TabukaNews.com - Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 Papua untuk pertamakalinya menggelar chef de mission(CdM) meeting bersama seluruh Kontingen KONI Se -provinsi di Indonesia. 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainuddin Amali memastikan Papua sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada bulan Oktober mendatang patut diapresiasi. 

Hal ini ia sampaikan saat membuka kegiatan Chef de Mission Meeting I KONI se-Indonesia yang digelar Kamis (13/2). Acara yang selengarakan di Suni Garden lake sentani kabupaten Jayapura selama tiga hari pada 13-15 februari 2020 yang dihadiri oleh 250 undangan dari 34 kontingen peserta PON. 

Menpora Zainuddin Amali menuturkan, setelah datang dan mengunjungi langsung venue-venue dan tempat penginapan di Papua, pihaknya pun merasa optimis bahwa Papua sudah sangat siap untuk menjadi penyelenggara PON XX.

"Saya sudah masuk ke Stadion Papua Bangkit, saya merasa bukan di Papua karena bangunannya sangat megah dan berstandar internasional. Perawatan gedung harus diperhatikan, karena pengalaman sebelumnya gedung yang digunakan sebagai tempat kegiatan langsung ditinggal dan tidak terurus," tuturnya.

Dikatakan pula, bahwa untuk segi keamanan, pihaknya bahkan sudah memberikan instruksi kepada Kapolda serta Pangdam XVII Cenderawasih untuk menjamin keamanan.

"Mereka sudah katakan keamanan terjamin untuk pelaksanaan PON XX. Saya bahkan sudah buktikan keluar malam sendiri hanya untuk membuktikan kalau Papua aman," katanya lagi.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan olahraga, Ketua Umum KONI pusat, ketua Sub PB Pon , para chef de mission, Ketua Umum Provinsi serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah papua, dan lainnya.

Ketua Umum PB PON XX/2020 Mauricio Norman mengatakan, agenda tersebut wajib digelar berdasarkan Peraturan Ketua Umum KONI Pusat Nomor 121 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan PON. 

“Agenda yang pertama kalinya ini digelar untuk mengkonfirmasi kesiapan tuan rumah PON XX dan di Papua kepada CdM seluruh peserta supaya catur sukses yang diusung di awal tercapai,” ungkap 

Dengan adanya CdM Meeting ini, lanjut dia, PB PON dan Sub PB PON dengan setiap kontingen terjalin komunikasi aktif.

Papua siap menjadi tuan rumah pesta olahraga akbar itu. Papua sebagai tuan rumah kini tengah melakuan berbagai persiapan jelang PON melalui uji ivent  2020. Persiapan tersebut telah mencakup pembangunan venue venue yang akan digunakan. 

Menyampaikan ada empat sukses yang ingin dicapai pada PON kali ini. Empat sukses tersebut mencakup sukses penyelenggaran, sukses prestasi, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi

Selain melakukan pertemuan, pada agenda tersebut juga akan dilakukan peninjauan venue-venue yang akan digunakan pada ajang PON 2020. Terkait pembukaan ajang terbesar empat tahunan itu, berharap masih bisa dihelat di Stadion termegah yakni papua bangkit yang berdiri megah di kampung Harapan, Sentani Papua. 

“Yang rencananya akan akan digunakan dalam upacara pembukaan pon yang resmi di laksanakan 20 10 2020 mendatang. “ jelasnya.  

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menegaskan, bahwa sesuai arahan Kapolri dan Panglima TNI, pelaksanaan PON XX di Papua adalah tanggungjawab TNI/Polri dalam segi keamanan. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika