Main Area

Main

Cerdaskan Anak Bangsa, Binmas Noken Pi Ajar di Sekolah Kwamki Narama

Timika, Tabukanews.com - Tim Binmas noken yang dipimpin oleh Ipda Ambo Arjana bersama 3 komunitas Pi Ajar melaksanakan kegiatan Pi ajar di SD YPPGI Kwamki Narama 2 yang berlokasi di kampung Olarowwa Distrik Kwamki Narama, Sabtu (1/9).

Dalam pelaksanaan tersebut bukan hanya dari pihak Kepolisian dalam hal ini Binmas Noken Pi ajar sekolah tapi dari berbagai latar belakang karyawan swasta dan Wira usahawan yang merasa peduli tentang perkembangan pendidikan di Kabupaten Mimika.

Diketahui Distrik Kwamki Narama pasca terjadinya konflik horisontal antar suku pada tahun 2006 membuat aktivitas beberapa sekolah yang berada disana tidak berjalan normal, lantaran banyak anak-anak sekolah yang terlibat dalam perang.

Salah satu guru Pak Pemburu Wenda yang sudah 5 tahun mengajar di SD YPPGI Kwamki Narama 2 mengatakan, awalnya anak-anak belajar di gedung sekolah yang terletak di SP 3, namun akibat dari perang suku yang selalu berkelanjutan serta kondisi bangunan sekolah yang dipakai oleh masyarakat untuk perang suku sehingga kondisi ini sudah tidak memungkinkan untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

Ditambahkan oleh Pemburu banyak anak-anak yang bersekolah di SD YPPGI ini merupakan anak-anak yang berasal dari Wamena, orang tuanya tidak ingin anak-anaknya tidak sekolah sehingga proses belajar mengajar dialihkan ke gedung gereja baptis YPPGI Kwamki Narama hingga saat ini.

Kendati belajar di halaman gereja, dan di lapangan anak-anak sangat antusias untuk bersekolah saat mendengarkan cerita dan pelajaran tentang kebangsaan NKRI, serta bermain bola yang diajarkan oleh tim Binmas Noken Polri.

Banyak cita-cita dan harapan dari anak-anak tersebut yang ingin menjadi orang sukses kelak setelah menempuh pendidikan terbukti banyak yang menginginkan menjadi presiden, Tentara, Polisi, Pilot, Bupati dan Profesi lainnya yang menjadi impian mereka.

"Saya Jadi Presiden.... Saya Jadi Polsi.... Saya Jadi Tentara.... Saya Jadi Pilot.... Saya Jadi Bupati," itulah sahutan dari anak-anak SD YPPGI KWAMKI LAMA 2 ketika ditanya "anak-anak mau jadi apa nanti kalau besar?" tanya Ipda Ambo.

Keceriaan terpancar ketika tim Binmas Noken mengajak anak-anak untuk merakit pesawat dan menerbangkannya.

Pada kesempatan itu binmas noken menyerahkan peralatan olah raga dan alat tulis, yang diterima oleh salah, dan berjanji untuk mengingatkan kepada orang tuanya  d untuk menyudahi peperangan hingga semua larut dalam kebencian. (Rfl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika