Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Cegah Virus Corona, ASN Pemda Mimika Bekerja di Rumah

 

Timika,TabukaNews.com - Aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah daerah Kabupaten Mimika akan melaksanakan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah masing-masing terhitung Rabu 18 meret hingga 5 april 2020, Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pengumuman tersebut menindak lanjuti Surat Edaran Gubernur Papua Lukas Enembe,  yang merupakan turunan dari kebijakan pemerintah pusat.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Marthen Paiding mengumumkan hal ini pada apel pagi di Sentra Pemerintahan, SP III, Keputusan ini diambil guna meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia, terutama di Mimika.

Putusan tersebut berisikan ketentuan penyesuaian sistem kerja, sehingga seluruh ASN di lingkungan instansi pemerintah dapat menjalankan tugas kedinasan di rumah atau di tempat tinggalnya.

"Saya sudah koordinasi dengan bupati dan bupati menyampaikan bahwa mulai besok pegawai tetap bekerja tapi bekerja dari rumah sampai dengan tanggal 5 April 2020,” ungkapnya.

Marthen mengatakan, walau tidak berkantor bukan berarti pegawai seenaknya meliburkan diri dan tidak bekerja namun tetap menjalankan aktifitas kerja dari tempat tinggalnya. Hal ini agar roda pemerintahan tetap berjalan.

Sedangkan untuk kegiatan kemasyarakatan yang melibatkan banyak orang untuk sementara dilarang pelaksanaannya. Pemda Mimika juga akan mengeluarkan himbauan kepada masyarakat agar kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang dihindari.

"Yang sudah kena virus itu bisa disembuhkan tapi yang belum harus di jaga. Kita mulai dengan menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungan masing-masing. Kita harus satukan pemahaman kita bersama bahwa virus ini perkembanganya sangat cepat dan bisa mengancam siapa saja,” ujarnya.

Apabila masyarakat tidak masif secara bersama untuk menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar maka masyarakat dianggap tidak ikut membantu melawan penyebaran virus ini.

ASN yang bekerja di rumah kecuali bagi petugas medis, mereka tetap melaksanakan aktifitas seperti biasanya karena mereka yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk melakukan pelayanan. Walau demikian, Marthen Paiding meminta mereka untuk selalu mawas diri dan menjaga diri.

Tambahnya, mercermati perkembangan yang terjadi di negara ini, Pemda Mimika kemarin telah melakukan pertemuan internal dan salah satu putusannya adalah pembentukan gugus penanggulangan percepatan covid-19.

Dengan demikian maka apa yang menjadi instruksi Presiden Joko Widodo sudah mulai dijalankan di Mimika.

Ia juga mengingatkan agar warga Mimika untuk sementara tidak boleh bersentuhan secara langsung serta menjaga jarak komunikasi supaya mempersempit ruang penularan virus corona. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika