Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Cegah Luapan Air Pemda Harus Bangun Kanal

Timika,TabukaNews.com - Wilayah Topografi Kabupaten Mimika memiliki dataran rendah dengan kelembaban udara tertinggi pada bulan Juni hingga agustus akibat dari curah hujan yang sangat tinggi setiap tahunya, sangat memungkinkan selalu terjadinya banjir karena luapan air dari sungai atau kali  yang ada di Timika.
Sehingga pemerintah daerah harus mencari solusi dengan membangun tanggul penahan air atau kanal untuk menahan debit air yang besar yang akan mengalir ke kawasan hilir. Dengan cara itu dimungkinkan  mengurangi terjadinya banjir di pemukiman warga.
 “Di Mimika ini hampir 90 persen merupakan dataran rendah dan berawa, karena dibulan Juni hingga Agustus curah hujan cukup tinggi bisa terjadi banjir dimana mana. Dengan kondisi Mimika seperti ini, maka pemerintah daerah harus berpikir untuk membuat program besar yaitu dengan membangun kanal.” Ujar Anggota DPRD Mimika, Karel Gwijangge,S.IP di gedung DPRD, Senin (27/7/20).
Dengan dibangunya kanal, agar aliran air dari sungai atau kali itu bisa dialirkan ke kanal dengan kapasitas bisa mengalirkan air cukup tinggi, maka dari itu kanal yang dibanguan harus besar yang punya kapasitas menampung dan mengalirkan aliran air sangat besar, agar dapat dibangun untuk menjawab keresahan warga dari tahun ke tahun.
“Kondisi banjir seperti saat ini setiap tahun selalu ada, dan menjadi permasalahan pemerintah. Dan yang rugi itu masyarakat, rumah terendam, lahan pertanian dan perkebunan tergenang dan usaha tambak ikan juga alami kerugian. Sehingga dengan membangun kanal di beberapa lokasi di Timika saya yakin bisa mengatasi banjir, “ katanya.
Menurutnya ada beberapa titik yang bisa dibanguan kanal seperti, sekitar belakang Petrosea, Kali Selamat Datang, Utikini Baru (sp12), Sekitar Mile 32 atau daerah Mayon hingga ke Distrik Iwaka. PT PALdan jalan trans nabire.
“Kita bikin kanal besar, pemerintah harus berani buat program yang besar besar salah satunya membangun kanal. Kalau tidak, maka setiap tahun dan selamanya kondisi seperti saat ini akan terus terjadi,”usul Karel.
Bahkan Karel berharap, karena soal banjir ini adalah program yang tergolong penting sehingga harus menjadi prioritas pemerintah daerah.
“Saya pikir program Kanal ini bisa dimasukkan dalam salah satu program prioritas pemerintah di mana pemerintah Harus membangun kanal dibeberapa titik, “ katanya.
Masyarakat Mimika juga diminta untuk tidak membangun rumah dengan suka suka diatas daerah aliran sungai atau menutup bahkan menimbun daerah aliran air, ada juga masyarakat yang tidak sadar membangun menutupi aliran sungai, dan juga kesadaran membuang ke sungai atau kali itu yang sangat disayangkan kesadaran masyarakat masih rendah sehingga menjadi penyebab terjadinya banjir. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika