Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Cegah Genangan Air Maluap Warga Nawaripi Kerja Bhakti

Timika,TabukaNews.com – Setiap turun hujan genagan air terus meluap hingga menutup ruang jalan dan perumahan warga. Maka untuk mengantisipasi luapa itu jangan kembali terjadi Kepala Kampung Nawaripi berinisiatif mengajak warganya untuk melakukan kerja bakti dengan membersihkan sampah di parit maupuan di pemukiman warga.
Kompleks yang paling sering atau langganan luapan aitu yakni di RT 16 jalur 3 kampung nawaripi, sehingga dilokasi tersebut menjadi focus utama dalam melakukan pembersihan parit maupaun lungkunan  sekitar dari sampah platik.
Kepala Kampung Nawaripi Norbertus Ditubun, saat ditemui wartawan di Kampugn Nawaripi, Selasa (15/9/20), mengatakan atas inisiatif warga bergotong royong menyampaikan keluh kesah kepada pemerintahan kampung.
" Iya warga datang menemui saya dari hari kamis dan kami sepakat melakukan pembersihan RT 16 jalur 3 pada hari minggu demi kanyamanan warga saya,” ujarnya.
Ia juga mengatakan ketika hujan rumah warga tenggelam dan tergenang air dan juga air genangan ini kan yang menciptakan bibit malaria dari genangan air, karna di sini ada got induk tembusan jalan anggrek telah tertutup lumpur sehingga ini yang menyebabkan tidak berjalan nya air dalam parit dengan baik sehingga rumah warga tergenang air dan menyebabkan banjir,
Ia menambahkan Sehingga menyebabkan selokan kecil itu tidak bisa keluar dari got kecil ke parit induk, Tapi saya dan warga mencari inisiatif mencari tembusan lewat Rt 3 jalan papua 1 di samping SMA.
Karena beberapa titik yang harus di bongkar dengan alat berat untuk membuka aliran air yang tersebumat membuat warga juga berinisiatif menjalankan sumbangan sukarela sebesar  terkumpul Rp 3.500 ribu untuk menyewa alat berat guna membongkat akses yang menutupi aliran air di kampung nawaripi.
“untuk menyewa alat berat untuk mengkeruk lumpur yang ada di dalam parit induk tembusan jalan anggrek agar dapat lancar dan tak tergenang air dan kami juga terhindar dari  malaria,” jelas Norman.
Yang uniknya kata Norman sapaan akrabnya, pembersihan itu dilakukan pada hari minggu saat umat kristiani sedang melakukan ibadah sehingga warga muslim yang turun dan membersihkan, ini merupakan contoh toleransi antar warga di Kampung Nawaripi.
“ini spontan jadi ini merupakan contoh toleransi di antara warga saya disini,” Terangnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika