Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Calon Komcad Wilayah Kodim 1710 Mimika Mulai Ikut Seleksi Litpers dan Rikkes

Timika, TabukaNews.com - Komponen Cadangan (Komcad) ditargetkan menjadi komponen pendukung dari komponen utama pertahanan negara yaitu TNI.

Keberadaan komponen cadangan ini sendiri sudah diatur dalam UU Nomor 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. 

Untuk itu ditl tahun 2021, Kementerian Pertahanan berencana merekrut kaum milenial untuk bergabung sebagai komponen cadangan (komcad) pada sistem pertahanan negara yang pada gelombang I telah dibuka baik secara online maupun secara ofline atau fisik.

Pendaftaran komcad di wilayah Kodim 1710 - Mimika sendiri telah dibuka secara sukarela mulai  tanggal 1 Juni sampai dengan 6 Juni 2021 melalui pendaftaran fisik dan pemerikasaan administrasi (Rikimin) 

Usai mengikuti Rikmmin pada hari sebelumnya, kali ini para calon peserta Komcad dibagi dua kegiatan yaitu  melaksanakan Tes Penelitian Personal  (Litpers) di SMA Taruna Timika dan tes Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) di Rumkitban Timika  Senin (7/6).

Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya dalam keterangan tertulis kepada wartawan mengatakan bahwa selain dibatasi usia peserta, para calon akan mengikuti sejumlah tahapan tes.

Peserta terlebih dulu wajib memenuhi beberapa syarat yang ditentukan dan menjalani proses seleksi. 

"Litpers dan Rikkes ini merupakan rangkaian seleksi calon Komcad, jadi setelah lulus seleksi, para peserta Komcad wajib mengikuti latihan dasar militer selama tiga bulan,  selesai latihan dasar, barulah mereka diangkat sebagai komponen cadangan dan selesai pelatihan, para Komcad akan kembali ke profesinya semula"kata Dandim Yoga. 

Dandim menambahkan bahwa saat pelatihan, hak-haknya seperti yang disebutkan uang saku, jaminan kesehatan, asuransi dan perlengkapan perorangan tetap akan mereka dapatkan.(tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika