Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Calon Gubernur dan Calon Bupati Ikuti Deklarasi Kampanye Damai

 

Dua Calon Gubernur Papua dan 7 Calon Bupati-Wabup Se Papua Sepakat Berjanji untuk Pilkada Damai dalam Deklarasi yang di gelar KPUD Propinia Papua di Jayapura, Sabtu (24/2)/ foto : Istimewa

 

JAYAPURA

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Papua dan Tujuh (7) Calon Bupati dan Wakil Bupati se propinsi Papua mengikuti Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) dilkasanakan di Jayapuram Sabtu (24/2) siang.

Dari rilis yang diterima menyebutkan, dalam Deklrarasi Damai tersebut turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Papua, Kasdam XVII Cenderawasih, Danlantamal X Jayapura, Perwakilan Anggota KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Ketua KPU Provinsi Papua, Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Ketua DKPP Pusat, Pemerintah Provinsi Papua, Bupati dan Wakil bupati dari setiap 7 Kabupaten yang hadir dan para simpatisan para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Selain itu juga dihadiri oleh calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Lukas Enembe dan Klemen Tinal serta calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2 : Jhon Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae.

Kegiatan yang diawali dengan sambutan anggota KPU RI Evi Ginting yang mengatakan, pada hari ini kita sudah memasuki tahapan kampanye kami tentu hadir di tanah Papua yang indah ini yang dari gunung sampe lautan semuanya begitu indah dan kaya tentu punya pesan yang kami sampaikan. Saya berharap kampanye damai tanpa kekerasan, tanpa konflik, ini bukan hanya slogan saja, tapi mari kita buktikan hal tersebut.

ia mengatakan KPU RI  berharap para pendukung tim masing-masing Paslon agar dapat menjaga ketertiban dan kedamaian untuk melaksanakan pilkada damai Saya berharap kita semua Saling menghormati dan santun karena KPU sekarang sudah melaksanakan kampanye dialogis. Mari kita menjaga bersama pilkada ini dengan baik, aman dan damai.

"Saya tentu sudah mewujudkan mimpi saya di tanah Papua karena saya dan khususnya KPU RI tidak ingin mendengar, mengetahui ada konflik yang terjadi dalam setiap tahapan maupun proses yang sedang berlangsung di dalam Pilkada ini, momentum deklarasi kampanye damai ini tentu kami harapkan bisa kita tanam semua dihati kita, saling menghormati dan santun karena kita sekarang KPU lebih mengutamakan kampanye yang dialogis, dialog antara pasangan calon tim kampanye dan masyarakat pemilih,"ujarnya.

Sehinggah pesan-pesan visi-misi dan program yang sudah di buat oleh para pasangan calon ini bisa di pahami dan dimengerti oleh rakyat pemiliknya sehingga ketika nanti memilih pasangan calon bukan karena nomernya, semuanya akan diawasi oleh badan KPU dan Bawaslu Provinsi Papua dan kami berharap kita semua bisa saling menghargai kamipun juga akan memastikan KPU Papua 7 Kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada di seluruh kota yang akan ikut menyelenggarakan pemilihan gubernur, kita akan pastikan untuk bisa menyelenggarakan pilihan kepala daerah ini dengan jujur, adil, luhur.

Sementara itu sambutan Kapolda Papua yang di wakili oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki mengatakan, saya selaku Wakapolda Papua menghendaki dan sudah berupaya untuk membuat komitmen yaitu komitmen damai kami juga sudah menyampaikan kepada seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, sudah kami sampaikan ada roudshow, program kampung ATM yang dilakukan oleh Polda Papua dan jajaran untuk menyentuh semua masyarakat untuk menyampaikan pilkada damai.

Selanjutnya sambutan Pangdam XVII Cenderawasih mengatakan, kami khususnya TNI berharap ada kegiatan Pilkada di Papua ini berjalan dengan aman, nyaman, dan damai. pengamatan dari pusat, kita dipapua ini termasuk di prediksikan akan terjadi Hal-hal yang kita inginkan orang bilang kegiatan ini akan terjadi konflik, ini kami aparat TNI dan Polri kebalikan ke masyarakat Papua, apakah Pilkada ini mau damai atau rusuh itu semua terjawab dari masyarakat Papua. Kita sekarang saat ini terus melangkah, kami perhatikan pemerintah daerah terus bergerak maju untuk membangun Papua ini.

“Kita kedepan akan melaksankan pesta demokrasi untuk memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Papua,”tegasnya.

Pada kesempatan itu Ketua Bawaslu RI Frits Siregar mengatakan, kami dari badan pengawas pemilu indonesia, kami mengharapkan kerja sama bapak dan ibu sekalian pemilu adalah pesta kita bersama janganlah masyarakat sebagai penumpang tapi pemilu bagian dari pesta kita bersama dan ada aturan-aturan yang harus kita akui, yang harus kita patuhi sebagai pemilu itu sendiri.

Masih ditempat yang sama Ketua DKPP RI Prof. DR. Harjono, Rakyat Papua sebentar lagi akan melaksanakan demokrasi dan sebuah pesta harus damai adalah memilih kepala daerah kalau nanti para pasangan calon ini akan mengkhawatirkan damai maka peganglah janji deklarasi damai itu dengan cara jangan sampai kebawa dan kemudian kalau ada calon melakukan kampanye tidak damai oleh karena itu kontrolah, awasilah, calon-calon ini rakyat Papua apakah benar-benar mereka berkampanye secara damai kalau tidak melakukan kampanye secara damai maka kontrol mereka.

Sambutan ketua KPU Provinsi Papua Adam Arisoy, SE, mengatakan bahwa mungkin hari ini kita deklarasi damai itu disebabkan karena tahapan Pilkada Provinsi Papua yang akan berjalan Serentak Di seluruh wilayah yaitu 171 daerah. tertunda kegiatan ini selama 7 hari disebabkan karena 2 bakal calon pasangan kita belum mendapat legitimilatif oleh Majelis Rakyat Papua (MRP), sehingga mungkin di daerah " lain peserta sudah melakukan deklarasi ya kami di Papua baru hari ini.

Adapun komitmen “Deklarasi Damai Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Wali Kota Provinsi Papua tahun 2018 antara lain,Pertama iap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,Kedua siap melaksankan KAMPANYE pemilihan tahun 2018 yang damai, demokrasi, dan mewujud kasih dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih,Ketiga siap melaksanakan kampanye pemilihan tahun 2018 tanpa HOAX, Politisasi, Sara dan Politik Uang dan Keempat tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang undangan yang berlaku.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika