Main Area

pesparawi xiii

Main

Caleg DPRD Partai Golkar Irham Wahid Unggul di Mimbar Jauh

PPD Distrik Mimika Barat Jauh saat menyerahkan BAP Hasil Perhitungan suara dari Dapil 6 / Foto : Istimewa

TIMIKA, Tabukanews.com, Caleg DPRD Nomor Urut 01 dari Partai Golongan Karya, Irham Wahid memperoleh suara tertinggi di Dapil VI Distrik Mimika Barat Jauh dengan memperoleh 512 suara.

Setelah Irham, Caleg Partai PAN Kasin Warfete memperoleh 393 suara, Caleg PDIP Tobias Albert Maturbongs 310 suara dan Caleg Gerindra Apolo Bill Rahawarin 88 suara.

Saulus Ratu dari PBB memperoleh 30 suara, Madelbertus You dari PKPI 20 suara, Nurman Karupukaro dari Partai Gerindra 3 suara dan Caleg PAN Ester Boro Toding 1 suara.

Suara untuk partai politik di Mimika Barat Jauh, Gerindra mendapatkan 16 suara. Partai lainnya tidak mendapatkan suara. Secara keseluruhan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di distrik ini 1.374 jiwa.

Hasil ini ditetapkan melalui Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemungutan Suara Pemilihan Umum 2019 Tingkat Kabupaten Mimika, Distrik Mimika Barat Jauh yang diadakan di Hotel Serayu, Selasa (30/4), pukul 21.35 Wit.

Penetapan dilakukan oleh Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola, didampingi empat anggota komisioner yakni Laurensius Minipko, Fidelis Piligame, Dedy Nataniel Mamboay dan Luther Beanal.

Hadir pula Ketua Bawaslu Mimika Yonas Yanampa bersama empat komisioner lainnya, anggota PPD Mimbar Jauh serta para saksi-saksi dari partai politik peserta Pemilu 2019 di Mimika.

Di distrik ini suara terbanyak DPRP juga diraih oleh caleg nomor urut 03 dari Partai Golkar yakni Debora Bumbungan dengan 1.067 suara.Debora unggul atas Richardo Sem Imbowi caleg PDIP nomor urut 8 dengan 111 suara dan Yancen Tinal yang juga dari Partai Golkar dengan 63 suara.

Partai PDIP terpilih sebagai pemenang suara partai dengan jumlah 171 suara. Sementara Gerindra mendapatkan 27 suara.Untuk DPR RI, pemenang suara partai kembali diraih Partai PDIP dengan jumlah suara 180. Disusul Partai Gerindra 7 suara. 

Sementara Caleg DPRI Partai Golkar atas nama Abdul Azis membungkus suara di Mimika Barat Jauh dengan jumlah 947, disusul Caleg PKB Amir Madubun 170, Trifena Tinal 58 dan Caleg PKB Peggy Patrisia Pattipy 12 suara.

Yorrys Raweyai calon DPD nomor 34 juga membungkus suara di distrik ini dengan total 1.244 suara. Habelino Sawaki nomor urut 24 memperoleh 58, Pdt Ruben Uamang 16, Otopianus Tebai 10, Helina Murib 5 dan Carel Suebu 1 suara.

Sementara itu, Calon Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Wakil Presiden Prof. Dr. (H.C) KH. Ma’ruf Amin (01) unggul jauh atas Calon Presiden dan Wakil Pesiden nomor urut 02, H. Prabowo Subianto dan H. Sandiaga Salahuddin. Jokowi-Ami memperoleh 1.364 suara sedangkan Prabowo-Sandi hanya 7 suara.

Ketua KPU Indra Ebang Ola diakhir penetapan meminta agar para saksi dari partai politik menghargai waktu pelaksanaan sehingga pleno-pleno selanjutnya tidak lagi molor.

Ia juga menegaskan bawah yang menjadi saksi adalah utusan partai yang diberikan mandat, bukan yang diutus caleg.

“Terimakasih kepada PPD Mimika Barat Jauh yang telah menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya. Kami berharap pleno besok, jangan lagi ada saksi yang datang menggunakan sendal dan kaos oblong. Pakai pakaian yang rapi. Kalau acara mulai jam sembilan, jangan datang jam 10 karena sangat menghambat. Ikuti tata tertib yang ada agar semua berjalan baik,” ungkapnya.

Ia juga mengumumkan bahwa, Rabu (1/05) akan dilakukan pleno untuk enam distrik. Pukul 09.00 Wit dimulai dengan Mimika Tengah, pukul 11.00 Wit oleh Jita dilanjutkan dengan Mimika Barat Tengah, Mimika Timur Jauh, Hoya dan Alama.

Sementara itu,Irham Wahid melalui telepone mengatakan ia dapat memperoleh suara sebanyak itu karena kerja keras mesin partai.

“Golkar ini partai tua yang otomatis masih melekat di masyarakat. Masyarakat masih kental percaya dan peduli dengan golkar. Saya bisa meraih suara 512 juga karena komkam dan komdis aktif dan berjalan,” ujarnya.

“Saya juga lahir dan putus pusar di pesisir pantai sehingga saya ingin perubahan di masyarakat. Kepada masyarakat saya sampaikan bahwa saya tidak punya uang untuk money politik namun punya komitmen membangun mereka. Kepercayaan inilah yang membuat sehingga banyak yang memberikan dukungan kepada saya,” ungkapnya. (Jrl/Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika