Main Area

Main

Cabor Tenis Meja Siap Laksanakan PON 2020 di Papua

Technical Delegate Tenis Meja Rudolf Agustinus Patiasina/ Foto: Tim/Tabukanews.com

 

Timika, Tabukanews.com - Technical Delegate tenis meja Rudolf Agustinus Patiasina yang juga Wakil Ketua I Pengurus Besar Tenis Meja Seluruh Indonesia menilai venue yang akan mempertandingkan cabor tenis meja bersamaan pada Gor Basket di Mimika Sport Complex telah memenuhi syarat untuk pelaksanaan pertandingan bola tangan, hanya saja ada beberapa persyaratan yang perlu dibenahi seperti pencahayaan yang harus dari atas atap ketimbang samping karena akan membuat silau pemain saat bertanding.

"Hasil tinjau venue tadi pagi di Mimika sport Complex yang mana kami satu dengan Gor dengan, dan hasil peninjauan itu benar-benar memenuhi persyaratan," kata Rudolf ketika menggelar jumpa pers di kantor Koni Mimika dijalan Hasanudin, Selasa (20/8).

Ia mengungkapkan, sejauh ini dirinya belum mendapat gambaran yang riil terkait persiapan Cabor tenis meja di Cluster Mimika, namun setelah dilakukan peninjauan secara langsung oleh TD Tenis Meja ternyata stadiun yang digunakan untuk pertandingan tenis meja sangat baik dan memenuhi syarat.

"Hasil peninjaan kami cukup baik dan kami juga senang, ternyata Mimika yang gambaran bagi kami dari awal tidak bisa tapi ternyata ketika kita tiba di sini atas kerjasama dan dukungan dari Koni Mimika maka kami nyatakan tenis meja di Mimika layak dan juga salah satu stadion yang cukup baik dan memenuhi syarat sekali," ungkapnya.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan kondisi gor sudah memenuhi standar, baik luas lapangan pertandingan, dan fasilitas pendukung untuk pelaksanaan pertandingan, seperti ruang pemanasan, ruangan medikal, ruangan evaluasi wasit, dan ruanga nTechnical Delegate, dan ruangan media.

"Baik luas, panjang 47,20 meter lebarnya 31,35 sementara yang kita butuhkan adalah 28 lebar panjang 42 berat ini lebih, kita sudah bikin layoutnya sehingga seluruh fasilitas yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan PON, untuk atlet bertanding ada ruang pemanasannya, dua ruang medikal, ruang rapat evaluasi wasit ada ruang TD sama Refree, ruang untuk wawancara setelah pengalungan," jelasnya.

Kendati dinilai memenuhi syarat, perlu ada beberapa fasilitas yang dilengkapi seperti penerangan yang mana setelah ditinjau ada beberapa lampu yang dipasang pada bagian dinding yang nantinya akan menyoroti wajah para pemain sehingga akan mengganggu penglihatan. Dengan kondisi tersebut dirinya menyarankan agar pencahayaan sebaiknya dipasang tepat diatap sehingga tidak mengganggu penglihatan para pemain. ditambah dengan suhu didalam ruangan sehingga harus dipasang Air Conditioner (AC)

"Cuma dalam persiapan untuk finishing-finishing melengkapi kekurangannya adalah yang harus ditambah yaitu penerangan, lampu jalan dari samping, depan dan belakang tetapi harus dari atas dan berimbang,  AC itu yang kami butuhkan untuk menetralkan suhu agar tetap terjaga suhunya saat ini jangan sampai panas," ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa, akan ada 16 Provinsi yang akan bertanding pada saat PON, dengan 7 kategori, dan untuk mempersiapkan pelaksanaan PB-PON Sub Cluster Mimika akan menyiapkan sebanyak 12 meja yang akan dipertandingkan, sementara itu untuk 4 meja disiapkan untuk pemanasan. Dalam pelaksanaan tersebut nantinya akan ada koordinasi dengan PB Basket untuk membicarakan terknis jadwal pertandingan

"Kalau masalah pelaksanaan karena ada Basket itu yang nanti kita bicarakan dengan PB Basket maupun panitia PON pusat, karena itu teknis pengaturan jadwal saja, ada 16 provinsi kotanya, kualifikasi kita ambil 15 ditambah tuan rumah satu, ada 7 kategori, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, beregu putra, beregu putri ganda mix," katanya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika