Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Bupati Turun Tangan Tertibkan Pedagang Eks Pasar Swadaya


Bupati disampingi Kepala Dinas Sat Pol PP Kabupaten Mimika saat melakukan penertiban pedagang/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - menjelang Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional PON XX tahun 2020 yang mana Kabupaten Mimika menjadi salah satu kabupaten penyelenggaraan pesta 4 tahunan tersebut membuat Bupati Mimika berinisiatif untuk melakukan penertiban seluruh ruas jalan di Timika yang dimulai dari para pedagang di ruas jalan Bhayangkara.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. MH yang turun langsung ke eks pasar swadaya melakukan komunikasi dengan nama-nama Papua agar bisa menerima pesanan tersebut dan direlokasi ke pasar sentral.

Hal tersebut dilakukan guna menertibkan para pedagang agar pusat perdagangan dipusatkan di satu tempat yakni pasar sentral. Karena kondisi eks pasar swadaya yang sangat sembrawut, kotor dan menyebabkan kemacetan.

"Kita harus  tertibkan karena daerah yang paling kotor dan pasar  lama," kata Eltinus Omaleng, Rabu (10/4).

Menurutnya, kawasan eks pasar swadaya merupakan jantung kota Timika sehingga harus ditata dengan baik menjadi taman kota. Agar peserta PON yang datang dan bertanding bisa merasakan kenyamanan selama berada di Kabupaten Mimika.

"Ini sebentar lagi kita akan laksanakan pesta olahraga nasional (PON) ke- XX di Kabupaten Mimika jadi kota Timika harus bersih dan pasar lama sebagai pusat Kota Timika harusnya lebih bersih dan kita akan tata dia supayaa lebih rapi dan bagus kalau  dipandang orang lain,," terangnya.

Kata Bupati Omaleng, areal pasar lama harus di bersihkan mulai dari saat pembongkaran dan ia menegaskan tidak ada lagi yang akan menjual di areal tersebut

"Ini  kita akan bersihkan semua  bangunan yang ada di Timika yang menghalang jalan, kita bongkar semua  tidak ada yang  tersisa," ungkapnya saat  ditanya awak  media

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Satpol-PP Mimika, Willem Naa mengatakan, proses pembongkaran lapak yang dilakukan saat ini telah sesuai prosedur yang mana telah dilakukan sosialisasi kepada para pedagang kurang lebih 3 minggu yang lalu agar tidak mengakibatkan kemacetan.

"Penertiban kami lakukan setelah sebelumnya kami sudah sosialisasi kepada pedagang," ungkapnya.

Pasca pembongkaran lapak, terlihat pihak kontraktor tengah melakukan pembersihan baik puing-puing bangunan maupun pembersihan drainase. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika