Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Bupati Omaleng Akui Belum Terima SK Cuti Dari Mendagri

TIMIKA, TABUKANews.com - Bupati Mimika Eltinus Omaleng SE MH mengakui hingga saat ini dirinya belum menerima Surat Keputusan (SK)  dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Direktorat Otonomi Daerah (Dirjend Otda) Kemendagri terkait  cuti,  karena dirinya harus konsentrasi pada persiapan tahapan pilkada Kabupaten Mimika pada 27 Juni mendatang. 

 “Saya belum tahu itu SK nya langsung dari  Kemendagri melalui Dirjend Otda atau gubernur.  Saya sudah ketemu Dirjend Otda, dan beliau sampaikan bahwa beliau yang turunkan SK buat sayat,” kata Omaleng saat ditemui secretariat OMTOB, di  Jalan Hasanudin,  Jumat (9/2) lalu.

Bupati Omaleng mengatakan kemungkinan besar setelah dirinya menerima SK cuti maka Wakil Bupati Mimika, Yohanis Bassang SE MSi  akan melanjutkan kepempinanya menjadi pelaksana tugas (PLt) Bupati  selama proses pemilihan kepala daerah berlangsung.

“Kalau beliau (Wabup Bassang) ikut maju berarti  kemendagri akan turunkan pejabat dari Provinsi utuk jadi Penjabat Bupati di sini. Tapi di sini beliau tidak maju dan beliau yang lanjutkan. Tapi beliau tetap akan menjabat selama tiga bulan bukan seterusnya.  Setelah pemilihan maka saya kembali pimpin Mimika,” kata Omaleng.

Omalang menjelaskan jika dirinya masih menunggu  pengumuman hasil penetapan  pasangan calon yang nantinya akan diumumkan pada Februari ini.  Meskipun KPU Mimika telah mengumumkan paslon dalam pilakada mendatang, namun dirinya  tidak serta merta langsung mundur dari jabatan sebagai bupati.  Dirinya bisa mundur ketika sudah mengantongi SK dari Dirjend Otda Kemendagri.

Sementara itu Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang saat ditemui di Kampung Gimbi, Distrik Kuala Kencana usai membuka acara Pekan Kelambu dan Vitamin beberapa waktu lalu mengatakan dirinya tidak mau berkomentar banyak soal dirinya di gadang-gadang menjadi Plt Bupati Mimika menggantikan Bupati Mimika  Eltinus Omaleng yang akan memasuki masa cuti untuk maju pada Pilkada 2018.

 “Saya tidak mau berkomentar banyak, nanti dampaknya ke yang lain,” kata Bassang.

Bassang mengatakan dirinya tidak terlalu ambil pusing terkait dengan desas-desus  yang mengatakan bahwa dirinya akan segera diangkat menjadi Plt.  “Terserah orang mau komentar apa saya tidak pusing, Semuakan sudah ada aturannya , semuakan sudah ada payung hukumnya,” kata Bassang.

Bassang menambahkan  bahwa siap atau tidak siap  dirinya akan tetap siap jika dirinya ditunjuk menjadi Plt Bupati Mimika karena itu perintah Undang-undang.

“Nanti kita lihat, yang jelas ini NKRI  ada payung hukumnya.  Payung hukum itu orang berjalan sesuai dengan aturan. Semuakan sudah ada aturannya, semuakan sudah ada payung hukumnya,”jelas Bassang. (dzy/tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika