Main Area

Main

Bupati Omaleng : 10 Kabupaten Akan Masuk Papua Tengah

Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. MH/Foto : Tim Tabukanews. con

Timika, Tabukanews.com - Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. MH mengatakan, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika akan menyurati 10 pimpinan daerah atau kabupaten yang nantinya akan masuk dalam pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Tengah (PPT) untuk melakukan pertemuan.

Ia mengungkapkan, 10 kabupaten yang akan llokmasuk didalam Pemekaran DOB PPT ialah, Kabupaten Asmat, Kabupaten Nduga, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Dogiay, Kabupaten Nabire dan satu kota madya di Kabupaten Mimika. 

“Masalah Mimika menjadi Papua Tengah itu Mimika sudah oke itu nanti ada 10 Kabupaten untuk masuk di Provinsi Papua Tengah,” kata Eltinus saat ditemui di lahan pembangunan venue biliar di jalan poros SP V, Kamis (31/10).

Ia mengungkapkan, untuk menentukan kota madya, pihaknya akan mengundang 10 bupati kabupaten tetangga untuk melakukan pertemuan dan memutuskan keberadaan kota madya.

“Untuk menentukan pusat kota nya di mana itu saya sudah mengeluarkan undangan untuk rapat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hasil rapat tersebut yang nantinya akan dibawakan ke presiden. Sementara itu untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada Pemkab Mimika akan menggandeng pihak UGM untuk melakukan kajian-kajian ilmiah.

“Kita juga konsultasi dengan UGM timnya untuk kajian apa saja yang harus kita lengkapi salah satunya itu APBD,” tambahnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika